Manfaat Pucuk Pakis

Health News 0 Comments

Edible-Lady-Fern

Pucuk Pakis adalah daun tergulung dari pakis muda, dipanen untuk digunakan sebagai sayuran. Pakis telah menjadi bagian dari makanan tradisional di wilayah Perancis Utara, Asia, dan penduduk asli Amerika selama berabad-abad. Berikut adalah 7 manfaat kesehatan dari mengonsumsi pucuk pakis :

1. Pucuk Pakis dapat membantu untuk menurunkan berat badan.
Seratus gram pucuk pakis mengandung 34 kalori. Juga, kandungan serat dalam pucuk pakis menghambat pelepasan hormon ghrelin yang memberitahu otak untuk siap mengonsumsi makanan.

2. Pucuk Pakis melawan infeksi.
Pucuk Pakis mengandung 44 persen dari kebutuhan harian vitamin C per 100 gram. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air yang efektif membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap infeksi dan menghilangkan penyebab kanker dan radikal bebas dalam tubuh.

3. Pucuk Pakis dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat.
Pucuk Pakis memiliki kandungan yang sangat tinggi kalium dan kandungan rendah natrium. Seratus gram pucuk pakis berisi 370 miligram kalium, dan hanya satu miligram natrium. Orang dengan tekanan darah tinggi bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi pucuk pakis

4. Pucuk Pakis dapat membantu proses metabolisme.
Mangan penting untuk mengontrol gula darah, metabolisme energi, dan fungsi tiroid. Seratus gram pucuk pakis mengandung 26 persen dari nilai yang direkomendasikan untuk mangan. Kekurangan mangan dapat dikaitkan dengan gangguan kesuburan, gangguan pertumbuhan, dan cacat lahir.

5. Pucuk Pakis dapat membantu memproduksi sel darah merah.
Jika mengalami anemia maka sangat cocok untuk mengonsumsi pakis. Tembaga dan besi sangat penting untuk pembentukan sel darah baru, dan itu terdapat di pucuk pakis. Seratus gram pucuk pakis mengandung 7 persen dan 16 persen dari nilai yang direkomendasikan dari besi dan tembaga.

6. Pucuk Pakis dapat membantu mengobati atau bahkan mencegah kanker.
Antioksidan beta-karoten ditemukan dalam pucuk pakis telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa kanker. Para peneliti telah menyarankan bahwa peningkatan konsumsi beta-karoten 1,7-2,7 miligram per hari mengurangi risiko kanker paru-paru lebih dari 40 persen.

7. Pucuk pakis dapat membantu menjaga kesehatan mata.
Pucuk pakias kaya akan vitamin A. Vitamin A dikenal untuk meningkatkan penglihatan Anda, mencegah kebutaan dan degenerasi makula.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *