7 Manfaat Quinoa

Health News 0 Comments
quinoa
sumber : http://www.berrycart.com/blog/wp-content/uploads/2015/04/quinoa.jpg

Apa itu Quinoa? Mulai banyak orang yang melirik Quinoa ini. Quinoa atau yang biasa juga disebut dengan nama keenwa adalah sejenis padi-padian yang berasal dari daerah Andean (pegunungan Andes), Amerika Selatan. Quinoa sudah dikenal dan digunakan sebagai makanan pokok oleh masyarakat Indian sejak lama. Quinoa merupakan alternatif pengganti nasi. Teksturnya seperti nasi tetapi kandungan karbohidratnya lebih rendah dari nasi, sementara kandungan proteinnya lebh tinggi. Berikut adalah tujuh manfaat kesehatan dari quinoa:

  1. Quinoa adalah salah satu makanan kaya protein yang paling kita bisa makan. Ini adalah protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial.
  1. Quinoa mengandung hampir dua kali lebih banyak serat seperti kebanyakan biji-bijian lainnya. Serat yang paling banyak dikenal untuk meringankan sembelit. Hal ini juga membantu untuk mencegah penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah tinggi dan diabetes. Serat menurunkan kadar kolesterol dan glukosa, dapat menurunkan resiko terkena wasir dan dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyah daripada makanan lainnya karena itu membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan kurang “energi padat” yang berarti memiliki kalori lebih sedikit untuk volume yang sama dari makanan.
  1. Quinoa mengandung besi. Iron membantu menjaga sel-sel darah merah kita sehat dan merupakan dasar dari pembentukan hemoglobin. Besi membawa oksigen dari satu sel ke sel lain dan pasokan oksigen ke otot-otot kita untuk membantu dalam kontraksi mereka. Besi juga meningkatkan fungsi otak karena otak membutuhkan waktu sekitar 20% oksigen darah kita. Ada banyak manfaat dari besi beberapa lebih dari yang meliputi sintesis neurotransmitter, pengaturan suhu tubuh, membantu aktivitas enzim dan metabolisme energi.
  1. Quinoa mengandung lisin. Lysine terutama penting bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan.
  1. Quinoa kaya akan magnesium. Magnesium membantu merilekskan pembuluh darah dan dengan demikian untuk meringankan migrain. Magnesium juga dapat mengurangi diabetes tipe 2 dengan mempromosikan kontrol gula darah yang sehat. Manfaat kesehatan lain dari magnesium termasuk transmisi impuls saraf, pengaturan suhu tubuh, detoksifikasi, produksi energi, dan pembentukan tulang dan gigi yang sehat.
  1. Quinoa tinggi di Riboflavin (B2). Vitamin B2 meningkatkan metabolisme energi di dalam otak dan otot sel dan dikenal untuk membantu menciptakan produksi energi yang tepat dalam sel.
  1. Quinoa memiliki kandungan mangan yang tinggi. Mangan merupakan antioksidan, yang membantu untuk mencegah kerusakan mitokondria selama produksi energi serta melindungi sel-sel darah merah dan sel-sel lain dari cedera oleh radikal bebas.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *