Manfaat Air Hangat

Health News 0 Comments
health-benefits-of-warm-water
sumber : http://st1.thehealthsite.com/wp-content/uploads/2015/03/Health-benefits-of-warm-water.jpg

 

Sebagian besar dari kita lebih memilih untuk memulai hari dengan secangkir teh hangat atau kopi. Namun, ketika hendak minum air putih, kita biasanya lebih suka untuk mengambil air dingin. Meskipun minum air hangat mungkin kurang menarik, tapi konsumsi rutin air hangat memberikan segudang manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan dan menghilangkan rasa sakit.

  1. Membantu dalam penurunan berat badan

Berencana untuk menurunkan berat badan melalui diet? Nah, Anda bisa minum air hangat sebagai gantinya. Dengan meminum air hangat, ada sedikit peningkatan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya mempercepat tingkat metabolisme Anda.

  1. Menghilangkan Racun tubuh Anda

Tidak banyak orang tahu bahwa air hangat bertindak sebagai ramuan ampuh untuk membersihkan tubuh Anda dengan membilas racun berbahaya melalui keringat dan urin.. Anda juga dapat menambahkan jus lemon dan madu untuk air hangat untuk hasil yang lebih baik.

  1. Meningkatkan pencernaan

Minum air hangat, terutama saat makan, dapat meningkatkan pencernaan dan membantu menjaga elektrolit dan keseimbangan mineral dalam tubuh Anda. Selain itu, minum air hangat saat perut kosong juga meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

  1. Mencegah penuaan dini

Selain membersihkan tubuh Anda dari racun, air hangat meningkatkan elastisitas kulit Anda dan meningkatkan kemampuannya untuk melakukan perbaikan, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, kulit kering dan bercak-bercak hitam.

  1. Bisa meringankan gejala batuk dan pilek

Cara alami yang efektif untuk menyingkirkan batuk, pilek serta sakit tenggorokan adalah dengan minum air hangat. Anda juga dapat memerangi hidung tersumbat dengan minum air hangat atau melalui inhalasi uap.

  1. Meredakan Nyeri

Panas dari air hangat menenangkan otot-otot dengan meningkatkan aliran darah. Jadi, jika Anda menderita kram atau kejang otot, menerapkan air hangat pada daerah yang sakit dapat mengurangi rasa sakit. Air hangat juga dapat menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan akibat kram otot serta untuk menangani nyeri haid dan sakit kepala.

  1. Bertindak sebagai minuman pasca berolahraga yang sangat baik

Saatnya untuk mengganti minuman energi Anda dengan air hangat pasca berolahraga. Minum air hangat setelah latihan yang berat tidak hanya mengisi ulang vitamin dan mineral dalam tubuh Anda tetapi juga membantu proses metabolisme Anda. Selain itu, air hangat membantu proses pembakaran kalori pasca berolahraga sehingga membantu dalam mempercepat proses penurunan berat badan.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika Anda minum segelas air hangat, timbunan lemak dan racun yang beredar dalam darah dikeluarkan dari tubuh. Hal ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda dan menurunkan risiko berbagai komplikasi kesehatan akibat adanya racun dalam darah Anda.

  1. Melindungi terhadap infeksi kulit

Terlepas dari peremajaan sel-sel kulit, konsumsi harian air hangat mendetoksifikasi kulit Anda, sehingga menurunkan risiko penyakit kulit. Aturan minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Selain itu, air hangat juga bertindak sebagai pelembab alami untuk kulit kering.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *