Brownies Kukus

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

photogrid_1473939701719_1 

Halo sahabat Cooking with Sheila, saya mengakhiri request week saya dengan Brownies Kukus. Menu ini sudah lama di request sejak awal saya share menu Brownies. Banyak dari kita mungkin belum punya oven jadi brownies kukus ini menjadi pilihan lain untuk kalian. Memang berbeda dengan tradisional brownies tetapi it is so gooddddd juga kok 😉 Maaf ya baru bisa share sekarang bagi bunda yang dulu pernah request resep ini…. Terima kasih bagi sahabat Cooking with Sheila yang seminggu sudah mengikuti request week dan atau bahkan menjadi sahabat setia saya sejak terbentuknya Cooking with Sheila. Selamat mencoba dan tunggu resep-resep saya berikutnya yaaa 😊

Bahan:
Brownies
85 gram tepung terigu serba guna
35 gram bubuk cokelat cocoa
1 sdt baking powder
1 sdt vanili bubuk
1 sdm cake emulsifier
4 butir telur, suhu ruangan
150 gram gula kastor atau gula pasir biasa
100 gram dark chocolate compound
120 gram mentega

Chocolate buttercream untuk filling
50 gram mentega
50 gram mentega putih
1 sdt pasta mocca
75 gram susu kental manis (saya gunakan yang cokelat 😉 )

Cara Membuat:
– Didihkan air dalam panci kecil. Masukkan cokelat dan mentega ke dalam wadah tahan panas yang diameternya lebih besar daripada panci. Letakkan di atas panci, pastikan dasar wadah tidak menyentuk air. Panaska dengan api kecil hingga meleleh. Sisihkan.
– Dalam wadah; masukkan telur, gula dan emulsifier. Kocok hingga adonan mengental, mengembang dan berwarna putih.
– Dalam wadah lain, ayak tepung terigu bersama dengan bubuk cocoa, baking powder, dan vanili.
– Tuang adonan cokelat ke dalam adonan telur. Pastikan adonan cokelat tidak terlalu panas. Aduk rata dengan spatula.
– Sedikit demi sedikit tambahkan adonan tepung ke dalam adonan telur dan aduk rata. Jangan dimixer! Gunakan spatula.
– Siapkan dua loyang kotak persegi panjang. Saya menggunakan loyang brownies 🙂 Olesi dengan mentega dasarnya dan alasi dengan kertas roti. Tuang adonan ke dalam kedua loyang sama rata. Punya saya per loyang saya isi 350 gram 🙂
– Siapkan kukusan dan kukus adonan selama 30 menit. Hindari tetesan air masuk dalam loyang. Bagaimana caranya? Saya tutup bagian atas loyang dengan kain bersih.
– Sambil menunggu buat buttercream dengan mengocok semua bahan hingga rata. Pastikan mentega pada suhu ruangan supaya hasilnya nanti tidak pecah.
– Setelah 30 menit, cek dengan tusuk sate. Bila keluar bersih maka sudah matang. Dinginkan sebentar dan keluarkan dari loyang perlahan. Setelah benar-benar dingin, olesi tengahnya dengan buttercream seperti di foto.
– Potong-potong dan sajikan. Saya lebih suka menyajikan brownies kukus pada suhu ruangan dan bukannya dingin. Karena buttercream akan mengeras dalam keadaan dingin.

Untuk 10-12 potong

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *