Super Easy Homemade Lontong

Main, Recipes 0 Comments

photogrid_1474349282030_1   

Minggu lalu ada seorang bunda yang bertanya mengenai perihal membuat lontong. Nah kebetulan hari ini saya membuat menu yang disajikan dengan lontong, saya buat deh lontong nya sendiri dan semoga bisa menjawab pertanyaan bunda yah. Membuat lontong ini memang agak lama yah karena harus direbus agak lama. Namun kepuasan membeli dan menyajikan hasil masakan sendiri itu sensasinya berbeda. Hehehe Jadi lama pun dijalani yang penting keluarga bahagia 😉

Bahan:
250 gram beras, cuci bersih dan tiriskan
10-12 lembar daun pisang muda, potong besar (cukup untuk menggulung kurleb 3-4 kali)
1 sdm garam
1 lembar daun salam

Cara Membuat:
– Ambil satu lembar daun dan gulung menyerupai gulungan lontong. Di salah satu ujung, gulung dua kali ujungnya dan tusuk dengan tusuk gigi.
– Isi dengan kurleb 2 sdm beras bergantung ukuran daun anda. Kira-kira tinggi beras harus sepertiga tinggi daun. Tutup ujung satunya sama persis seperti ujung yang tadi dan rapatkan dengan tusuk sate. Bila terlalu penuh nanti lontongnya terlalu keras dan tidak matang. Bila terlalu sedikit nanti jadi lembek deh.
– Kocok-kocok dan pastikan beras tidak bocor keluar yah. Kalau bocor mending ganti dengan daun pisang yang baru. Terkadang daun pisang yang tua suka pecah saat ditusuk dengan tusuk gigi. Banyak juga yang menggunakan staples tetapi saya sih engga tega karena kan memasak lontong direbus lama. Takutnya staplesnya nanti lepas atau merebus bahan staples saya takutnya tidak sehat.
– Lakukan hal di atas hingga beras habis.
– Siapkan panci beras dan isi dengan air. Masukkan lontong bersama garam dan daun salam.
– Didihkan dan kecilkan apinya. Masak selama 90-120 menit.
– Tiriskan dan dinginkan sebentar sebelum disajikan.

Catatan:
Daun pisang yang saya gunakan tidak terlalu besar sehingga ukuran lontong yang saya buat tidak sebesar lontong pada umumnya 🙂 10-12 potong lontong resep saya ini bisa untuk 4-6 orang 🙂

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *