Kue Cubit Red Velvet

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

photogrid_1474349205345_1  

Sejujurnya bunda, kue cubit ini bukan snack favorit saya. Entah mungkin karena pertama kali saya coba, saya salah pilih tempat ya. Waktu itu adonannya masi setengah mentah jadi hanya terasa tepung. Toppingnya pun menarik-menarik tetapi karena adonannya pun agak lembek dan berasa tepung jadi rasanya engga enak banget deh. Hikss kesan pertama mencoba kue cubit tidak begitu menggoda.. Nah waktu ada yang request menu ini, saya jadi tertantang deh. Saya buat kue cubit red velvet variasi saya sendiri dengan cream cheese buttercream dan oreo sebagai topping. Kali ini hasilnya ngga mengecewakan bunda.. 🙂

Bahan:
Adonan kue cubit:
150 gram gula pasir kastor
225 gram tepung terigu serba guna (protein sedang)
150 mL susu cair
1 1/2 sdt baking powder
1-2 sdt vanilla extract atau vanili bubuk
3 butir telur
1/4 sdt garam
25 tetes pewarna makanan merah

Topping Cream Cheese Buttercream:
250 gram cream cheese, suhu ruangan
60 gram unsalted butter, suhu ruangan
75 gram gula kastor
1 sdt vanilla extract

Bahan pelengkap:
1 pak oreo, buang isinya dan cacah kasar

Cara Membuat:
– Ayak tepung bersama dengan garam dan baking powder. Tambahkan bahan lainnya dan gunakan pengocok balon untuk mencampur aduk rata semua nya.
– Simpan dalam lemari es selama minimal 30 menit.
– Sambil menunggu buat topping: saya gunakan blender (bukan hand mixer ya) untuk mengaduk semua bahan jadi satu hingga halus atau smooth. Sisihkan.
– Saya membeli cetakan yang bahannya dari bahan teflon dan ada tutupnya. Panaskan cetakan ini di atas api kecil. Olesi dengan mentega dan tuang adonan secukupnya hingga setengah tinggi cetakan. Tutup!!! Masak dengan api kecil hingga matang. Tanda matang adalah keluar gelembung di permukaan adonan. Bila ditusuk dengan tusuk gigi, keluarnya bersih.
– Olesi dengan mentega. Tipis saya 🙂 kemudian dinginkan sebentar.
– Beri topping cream cheese buttercream dan taburan oreo.
– Sajikan 😉

Catatan: Saya beli cetakan Spongebob hahahaha dan ukuran tiap kue cubit nya agak besar. Jadi satu resep di atas bisa untuk 3 kali masak. Tetapi bila bunda menggunakan cetakan lebih kecil pasti jadinya lebih banyak.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *