Solusi Pengobatan Untuk Sakit Tenggorokan

Health News 0 Comments
how-to-make-a-sore-throat-5-steps-with-pictures-wikihow-chzbsm-clipart
sumber : http://www.clipartkid.com/images/440/how-to-make-a-sore-throat-5-steps-with-pictures-wikihow-cHzbsm-clipart.jpg

 

Pergantian musim dari panas ke hujan ataupun sebaliknya biasanya membuat kondisi tubuh kita juga berubah. Bagi yang sistem kekebalan tubuhnya kurang fit, cenderung mengalami panas dalam, contohnya seperti sakit tenggorokan. Nah berikut adalah beberapa solusi pengobatan untuk mengatasi sakit tenggorokan ini :

Berkumur: ini adalah trik kuno yaitu berkumur dengan air garam. Larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, dan berkumurlah. Ulangi proses ini hingga empat kali sehari. Garam bertindak sebagai antiseptik ringan yang menarik air keluar dari membran mukosa dan membantu membersihkan dahak. Hal ini juga membantu dalam membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif. Atau, berkumur dengan larutan baking soda. Larutkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air hangat dan berkumurlah beberapa kali sehari.

Menghirup Uap Air: Dengan bantuan dari humidifier atau vaporizer, tariklah napas dalam-dalam untuk menghirup uap. Anda juga dapat mencoba bersandar di atas wastafel dengan air mengalir hangat. Tutupi kepala Anda dengan handuk dan menghirup uap. Lakukan ini selama 10-15 menit setiap hari. Hal ini membantu membersihkan seluruh daerah tenggorokan.

Nutrisi: Diet sehat yang mencakup semua nutrisi penting yang harus dikonsumsi. Antra lain adalah vitamin C dan E, mineral seng dan magnesium, dan sayuran meningkatkan kekebalan dan buah-buahan seperti brokoli, wortel, kembang kol. Semuanya ini dapat membantu mengekang kelemahan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

Hidrasi: Sakit tenggorokan dapat disertai dengan demam, yang juga dapat menyebabkan dehidrasi. Selalu mengonsumsi sejumlah besar air atau cairan untuk hidrat tubuh.

Madu: Madu telah menjadi obat sakit-tenggorokan untuk generasi yang tak terhitung jumlahnya. Ia memiliki sifat antibakteri dan juga bertindak sebagai osmotik hipertonik, yang berarti bahwa ia menarik air dari jaringan yang meradang. Asupan madu mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan di tenggorokan. Tambahkan madu pada 1 cangkir air panas atau teh herbal untuk hasil yang lebih baik.

Madu dengan Lemon: Isi setengah sendok teh dengan madu, dan kemudian peras lemon di atas sampai sendok penuh. Sekarang, tambahkan sedikit merica di atasnya dan minum perlahan. Kombinasi ini memiliki efek menenangkan pada tenggorokan.

Bawang putih: Hal ini diyakini bahwa bawang putih kering memiliki sifat antibakteri dan antivirus, yang membantu dalam melawan infeksi. Bawang putih digunakan untuk pengobatan sakit tenggorokan juga. Caranya dikonsumsi langsung dengan mengunyah beberapa siung.

Jahe: Minum ramuan air panas dengan jahe, lemon, dan madu dapat meringankan dari sakit tenggorokan sangat cepat.

Kayu Manis: Kayu Manis dikenal memiliki efek anti-inflamasi. Kayu manis bubuk dapat ditambahkan ke segelas air, bersama dengan dua sendok makan madu dan sejumput lada, dan kemudian direbus. Ini juga merupakan obat yang manjur untuk sakit tenggorokan.

Lada Hitam: Ambil setengah sendok teh biji lada hitam dan haluskan menjadi bubuk. Campur bubuk ini dengan susu panas dan minumlah di pagi hari sebelum sarapan atau makanan lainnya. Hal ini dapat dilakukan selama beberapa hari untuk meringankan sakit tenggorokan. Alternatif lain adalah campurkan bubuk lada dalam air hangat dan berkumur pada pagi hari. Ini adalah salah satu pengobatan rumah tercepat dan paling efektif untuk sakit tenggorokan.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *