11 Tips untuk Kesehatan Mata

Health News 0 Comments

 

foods-for-eye-health
sumber : http://www.nutri-health.com/blog/wp-content/uploads/2015/03/foods-for-eye-health.png

Mata yang sehat tentunya impian bagi setiap orang. Berikut ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata, dari segi makanan maupun kebiasaan hidup. Yuk kita lihat apa aja :

  1. Berhenti Merokok – Merokok dapat membahayakan kesehatan Anda, dan salah satu efek utama adalah pada mata manusia! Peningkatan karsinogen dalam tubuh perokok berkontribusi dalam pemecahan sel yang lebih besar dan peningkatan risiko radikal bebas dan sel-sel kanker. Selain itu, penelitian telah menghubungkan merokok dapat memicu degenerasi makula.
  2. Jeruk – Jeruk dan jus jeruk merupakan sumber utama vitamin C. Seiring dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, asam askorbat dalam jeruk juga berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi matadari katarak dan degenerasi makula.
  1. Ke Dokter Mata secara teratur – Cara terbaik untuk memastikan kesehatan mata adalah berbicara langsung ke spesialis mata. Anda secara teratur dapat memeriksakan mata Anda untuk memastikan bahwa penglihatan Anda tidak berkurang, dan bahwa mata Anda umumnya sehat. Ada banyak perawatan untuk meningkatkan kesehatan mata, tetapi Anda tidak akan tahu sampai Anda mengunjungi seorang profesional!
  2. Tiram – Tiram merupakan sumber yang kaya seng, yang diperlukan untuk memperkuat penglihatan, terutama pada malam hari. Mineral ini juga memperlambat perkembangan katarak. Daging merah, unggas, dan susu merupakan sumber lain dari mineral penting ini, tetapi tiram memiliki konsentrasi yang sangat tinggi.
  3. Menjauh sejenak dari Komputer/Smartphone – Dalam dunia modern kita, kita menghabiskan banyak waktu di depan layar – dari smartphone dan tablet hingga komputer dan televisi. Kurangi sejenak untuk membiarkan mata Anda beristirahat.
  4. Kale – sayuran berdaun hijau baik untuk melindungi kesehatan mata. Kale kaya lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan kuat yang dapat mencegah-degenerasi makula terkait usia dan memperlambat perkembangan katarak.
  5. Wortel – Salah satu nutrisi yang biasa terhubung ke kesehatan mata dan memberbaiki penglihatan adalah beta karoten, dan dapat ditemukan dalam wortel! Senyawa kuat ini menetralisir radikal bebas dan melindungi mata dari degenerasi makula dan masalah penglihatan lainnya.
  6. Ikan – asam lemak meningkatkan fungsi retina, mengurangi kekeringan di mata, dan penting bagi pengembangan awal dari fungsi penglihatan, contohnya seperti salmon dan tuna yang dikemas dengan asam lemak yang bermanfaat.
  7. Hindari Radiasi UV – radiasi UV yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan langsung ke mekanisme mata. Dengan memakai kacamata hitam (dengan perlindungan UV) ketika Anda berada di luar, maka akan mengurangi ketegangan pada mata Anda, melindunginya dari kerusakan UV, dan juga menurunkan peluang Anda sakit kepala dan stres.
  8. Kacang – Vitamin E adalah senjata penting dalam melawan degenerasi makula dan katarak, sehingga menambahkan makanan yang dikemas dengan vitamin penting ini adalah bijaksana. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E, terutama selai kacang, gandum, dan hazelnut.
  9. Telur – Beta karoten sering mendapat perhatian ketika membahas kesehatan mata, terutama dalam kaitannya dengan mengunyah wortel, tetapi ada senyawa organik penting lainnya yang menjadi faktor kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin, misalnya, yang keduanya ditemukan dalam telur, juga memainkan peran antioksidan penting di mata, melindungi terhadap degenerasi makula dan pengembangan katarak.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *