Cara Menjaga Detak Jantung Tetap Normal

Health News 0 Comments
heart-rate-with-a-red-heart
sumber : http://www.medicalnewstoday.com/content/images/articles/235/235710/heart-rate-with-a-red-heart.jpg

 

Gaya hidup modern juga diiringi dengan tingkat stress yang cukup tinggi. Belum lagi asupan makanan yang kurang sehat dan aktivitas fisik seperti berolahraga mulai jarang. Hal ini secara tidak langsung dapat memicu peningkatan denyut jantung. Jika denyut jantung meningkat dan melebihi normal, maka perlu diwaspadai karena jika dibiarkan dapat memicu serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga detak jantung tetap normal dan stabil, mungkin Anda perlu mencoba beberapa tips berikut :

  1. Tambahkan Minyak Ikan pada Menu Anda: Minyak ikan, yang kaya akan asam lemak omega-3 dan dikenal bermanfaat bagi kesehatan jantung, juga dapat membantu Anda mengatur denyut jantung Anda beristirahat dan tetap bagus dan rendah. Bahkan, minyak ikan dapat membantu saraf vagus di fungsi jantung Anda lebih efisien, menjaga denyut jantung istirahat lebih lama. Anda juga dapat menambahkan beberapa salmon dan tuna untuk diet mingguan Anda.
  2. Pergi ke Kamar Mandi secara teratur: Ini mungkin tampak sedikit tidak biasa, namun pada kenyataannya, buang air kecil teratur dan menghindari menahannya dapat menurunkan denyut jantung Anda. Ketika kandung kemih penuh, dapat meningkatkan denyut jantung normal sebanyak 10 bpm.
  3. Berhenti Merokok: Ada banyak alasan untuk berhenti merokok, tapi dampaknya pada denyut jantung sangat penting untuk diperhatikan. Nikotin adalah zat yang dapat memicu kenaikan denyut jantung. Jika Anda ingin denyut jantung istirahat dengan irama lebih rendah, berhenti merokok.
  4. Mengurangi Stres: Hal ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, tapi apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi situasi stres dalam hidup Anda akan menurunkan peradangan di seluruh tubuh, menghilangkan kehadiran hormon stres dalam aliran darah Anda, dan denyut jantung yang lebih rendah. Meditasi, yoga, tai-chi, dan kehidupan yang terorganisir lebih baik dapat membantu menghilangkan stres sehari-hari dan menjaga detak jantung Anda.
  5. Tidur Lebih Baik: Jika tidur Anda terus terganggu, baik oleh kegelisahan atau rangsangan luar, detak jantung Anda akan naik dengan cepat. Karena sulit untuk mendapatkan denyut jantung kembali turun, sehingga jadi lebih sulit tidur, menyebabkan kelelahan dan tidur tidak tenang. Adalah penting bahwa tubuh Anda mendapatkan istirahat yang terus menerus, jadi lakukan yang terbaik untuk menghilangkan gangguan potensial saat Anda tidur.
  6. Hindari Kafein dan Alkohol: Kafein alami meningkatkan detak jantung Anda. Demikian pula, alkohol telah terhubung langsung tidak hanya dengan masalah kesehatan lainnya dan peradangan dalam tubuh, tetapi juga dengan tingginya detak jantung dari rata-rata.
  7. Menurunkan Berat Badan: Kelebihan berat badan dan obesitas dapat menyebabkan stres pada tubuh Anda. Efek peradangan dari jaringan adiposa sendiri dapat menyebabkan denyut jantung Anda menjadi lebih tinggi, dan kelebihan berat badan juga membuat aktivitas normal lebih sulit, menyebabkan ketegangan alami pada jantung, bahkan ketika Anda sedang tidak terlibat dalam “kegiatan fisik”. Menurunkan berat badan dapat menjaga denyut jantung Anda normal dan sehat!

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *