Double Baked Potatoes

Appetizer, Recipes 0 Comments

photogrid_1476605857986

Kentang adalah jenis karbohidrat yang sangat banyak sekali variasinya. Dari satu bahan yang cukup sederhana ini kita bisa menghasilkan banyak menu yang menarik. Bila anda bosan dengan kentang goreng atau mashed potatoes, coba bikin double baked potatoes. Cukup simple kok, hanya lama saat memanggang kentangnya saja. Double baked potatoes ini bisa disajikan bersama menu-menu western seperti steak, grilled salmon, iga dan masih banyak lagi. Saya sih suka menyajikan seperti ini saja sebagai menu makan pagi.

Bahan:
4 buah kentang ukuran sedang, cuci bersih
1 batang daun bawang, iris halus
1 buah tomat, buang isinya dan potong kotak kecil
3 sdm mayonnaise
3 sdm cooking cream
1 sdm minyak zaitun
1 sdt cuka
5-6 sdm keju cheddar parut
Keju mozarella untu topping
Garam dan merica secukupnya
Optional: Bacon sapi atau babi untu topping

Cara Membuat:
– Bungkus kentang utuh satu per satu dengan alumunium foil. Panggang dalam oven 180oC selama 1 jam (Saya tidak memanaskan oven terlebih dahulu).
– Setelah satu jam, cek dengan tusuk gigi. Bila sudah matang, dinginkan sebentar. Bila masih mentah, panggang kembali.
– Setelah agak dingin, belah kentang menjadi dua seperti berbentuk kapal. Ambil daging nya perlahan supaya kulit kentang tidak sobek. Jangan buang kulit kentangnya.
– Campur dagingnya dengan daun bawang, tomat, mayonnaise, minyak, cuka, keju cheddar, krim, garam dan merica secukupnya. Rasakan dan tambahkan bumbu bila ada yang kurang. Saya suka adonan ini teksturnya mirip mashed potatoes dengan bongkahan-bongkahan kentang. Jadi teksturnya tidak lembek saat nanti dimakan 😉
– Isi kulit kentang dengan adonan ini. Bila ada sisa adonan saya menggunakan ramekin.
– Beri keju mozarella sebagai topping.
– Panggang dalam oven 200oC selama kurleb 15-20 menit hingga cokelat keemasan.
– Bila anda menggunakan bacon, panggang bacon bersama kentang dan nanti sajikan sebagai topping bersama kentang. Saya suka menyajikannya utuh seperti di foto tetapi kita bisa juga memotongnya kecil-kecil dan menaburkan di atas kentang.

Catatan:
Kita bisa mengganti tomat dengan brokoli. Rebus brokoli setengah matang dan campurkan bersama adonan seperti halnya tomat.

Untuk 8 buah baked potatoes

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *