Top 11 Superfood untuk Detoksifikasi Tubuh

Health News 0 Comments
detox-veg1000a
sumber : http://ww2.kqed.org/bayareabites/wp-content/uploads/sites/24/2013/05/detox-veg1000a.jpg

Detoksifikasi adalah proses membuang racun dari dalam tubuh atau mengurangi zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Tanpa kita sadari banyak hal yang menyebabkan tubuh terkontaminasi zat racun, misalnya polusi udara, pola makan yang kurang sehat, bahan pengawet pada makanan, kurang berolahraga dan masih banyak yang lainnya. Maka untuk memerangi hal itu, ada beberapa makanan yang dapat men-detoks tubuh secara alami, antara lain :

  • Almond-tinggi serat, kalsium, magnesium, dan protein bisa digunakan yang membantu menstabilkan gula darah dan membersihkan kotoran dari perut.
  • Alpukat-rendah kolesterol dan melebarkan pembuluh darah sementara memblokir toksisitas arteri dan menghancurkannya. Alpukat mengandung nutrisi yang disebut glutathione, yang memblok setidaknya 30 karsinogen yang berbeda sambil membantu hati mendetoksifikasi bahan kimia sintetis.
  • Bit-mengandung campuran unik dari bahan kimia alami tumbuhan (fitokimia) dan mineral yang membuatnya kebal dari infeksi, pemurni darah, dan pembersih hati. Bit juga membantu meningkatkan asupan selular oksigen dalam tubuh, membuat bit merupakan pembersih tubuh yang sangat baik. Aphrodite, menurut legenda, makan bit untuk mempertahankan kecantikannya. Di samping itu, juga membantu menstabilkan keseimbangan asam-basa (pH) darah, yang pada gilirannya mendukung detoksifikasi yang sehat.
  • Blueberry-mengandung aspirin alami yang membantu mengurangi efek jaringan yang merusak peradangan kronis, dan mengurangi rasa sakit. Blueberry juga bertindak sebagai antibiotik dengan menghalangi bakteri di saluran kemih, sehingga membantu untuk mencegah infeksi. Mereka memiliki sifat antivirus dan sarat dengan fitonutrien super-detoksifikasi disebut proanthocyanidins.
  • Kubis-mengandung banyak senyawa anti-kanker dan antioksidan serta membantu hati memecah kelebihan hormon. Kubis juga membersihkan saluran pencernaan dan menenangkan perut, karena mengandung sifat antibakteri dan antivirus. Sayuran seperti kubis menunjukkan aktivitas detoksifikasi yang kuat, termasuk menetralkan beberapa senyawa yang merusak yang biasa ditemukan dalam asap rokok (dan perokok pasif). Kubis juga mengandung senyawa yang membantu hati menghasilkan jumlah yang cukup dari enzim untuk detoksifikasi.
  • Cranberry-memiliki zat antibiotik dan antivirus yang kuat untuk membantu tubuh membersihkan bakteri dan virus berbahaya dari saluran kemih.
  • Flaxseed – sarat dengan asam lemak esensial, terutama omega-3. Mereka sangat penting untuk berbagai fungsi pembersihan dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Mereka juga penting untuk menjaga otak sehat. Kesehatan setiap sel dalam tubuh Anda tergantung pada jumlah yang cukup dari asam lemak esensial.
  • Bawang putih-membantu membersihkan bakteri berbahaya, parasit usus, dan virus dari tubuh, terutama dari darah dan usus. Hal ini juga membantu membersihkan penumpukan dari arteri dan menurunkan tekanan darah. Bawang putih memiliki anti-kanker dan sifat antioksidan yang membantu detoksifikasi tubuh dari zat berbahaya. Hal ini juga membantu membersihkan saluran pernapasan dengan mengeluarkan penumpukan lendir di paru-paru dan sinus.
  • Kale-mengandung anti-kanker yang kuat dan senyawa antioksidan yang membantu membersihkan tubuh dari zat berbahaya. Hal ini juga tinggi serat, yang membantu membersihkan saluran usus. Seperti kubis, kale membantu menetralkan senyawa yang ditemukan dalam asap rokok.
  • Kacang-kacangan-mengandung serat yang membantu menurunkan kolesterol, membersihkan usus, dan mengatur kadar gula darah. Kacang-kacangan juga membantu melindungi tubuh terhadap kanker.
  • Mengandung jumlah tinggi vitamin C, vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat zat yang disebut glutathione. Glutathione membantu memastikan bahwa fase 2 detoksifikasi hati terus berpacu dengan fase 1, sehingga mengurangi kemungkinan efek negatif dari bahan kimia lingkungan. Vitamin C dan antioksidan lain yang ditemukan di lemon merupakan bagian integral untuk menangkal kanker, melawan efek dari polusi dan kerusakan sel. Jus lemon segar mengandung lebih dari 20 senyawa anti-kanker dan membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *