10 Manfaat Penting dari Vanili

Health News 0 Comments
vanilla-768x576
sumber : https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/vanilla-768×576.jpg

Vanili sering digunakan sebagai bahan pembuat kue karena mampu memberikan rasa yang wangi dan enak. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan banyak digunakan sebagai pengharum dan pembuatan bumbu pelengkap untuk adonan kue. Di samping hal itu, ternyata Vanili juga mempunyai khasiat yang ampuh dalam bidang kesehatan. Apa saja itu, yuk kita lihat :

  • Kesehatan jantung: Penelitian tentang dampak kardiovaskular pada vanili, telah menunjukkan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk orang yang berisiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke, peradangan pada arteri, dan pembekuan darah.
  • Penyembuhan tubuh: Vanili kaya antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan jaringan seluruh tubuh, dan merangsang pertumbuhan kembali tubuh secara alami. Selanjutnya, sifat antibakteri pada vanili dapat melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan stres yang lebih rendah pada tubuh, sehingga lebih mudah untuk pulih dari cedera atau sakit.
  • Pencegahan Kanker: Salah satu fungsi yang paling penting dari antioksidan adalah untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh, yang dibuat sebagai produk sampingan alami dari metabolisme sel. Antioksidan hadir dalam ekstrak vanili, khususnya vanili dalam konsentrasi tinggi, dapat mencegah efek negatif dari radikal bebas, seperti kanker dan penyakit kronis.
  • Mengurangi Peradangan: Selama berabad-abad, vanili telah digunakan untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh. Ini sangat efektif untuk peradangan hati, yang dapat terjadi karena berbagai alasan, terutama jika Anda seorang peminum berat. Vanili juga dapat membantu kondisi arthritis, gout dan kondisi peradangan lainnya.
  • Memperkuat rambut: Vanili sering dicampurkan dalam kebersihan dan keindahan produk karena banyak dampaknya pada rambut dan kulit. Jika Anda mengalami rambut rontok, gunakan minyak esensial vanili maka dapat memperkuat rambut dan merangsang aliran darah ke kulit kepala, mendorong pertumbuhan dan rambut lebih estetis.
  • Mencegah Jerawat: Untungnya, sifat antibakteri dalam vanili ini dapat melawan jerawat, karena dapat menghilangkan infeksi yang mendasari dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Juga dapat mengurangi munculnya bekas luka dari bekas jerawat.
  • Efek Aromaterapi: Bau vanili, pada kenyataannya, diketahui berdampak langsung terhadap otak dan menginduksi ketenangan. Oleh karena itu, ekstrak ini dapat menjadi salah satu yang terbaik dan obat paling mudah untuk kecemasan dan stres.
  • Menurunkan Berat Badan: Beberapa penelitian telah menunjukan vanili sebagai sarana menurunkan berat badan, karena sifatnya yang menekan nafsu makan. Ekstrak tanaman ini juga dikenal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, membuat tubuh dan metabolisme yang lebih efisien, dan efektif mendukung penurunan berat badan.
  • Menyembuhkan Kondisi Pernapasan: Bila Anda sedang melawan batuk, pilek, atau infeksi pernapasan, ekstrak vanili dapat membantu untuk melapisi tenggorokan, bila dicampur dengan air hangat, dan memberikan efek anestesi ke tenggorokan. Sifat antibakteri juga dapat membantu menghilangkan infeksi dan mengurangi batuk dan sakit tenggorokan.
  • Mengoptimalkan pencernaan: Aroma herbal ini dikenal untuk menenangkan perasaan mual, sedangkan teh herbal vanili dapat meredakan peradangan dalam usus dan mencegah muntah, diare, kram dan sakit perut.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *