6 Manfaat Kesehatan Kacang Hitam

Health News 0 Comments
black beans
sumber : http://dingo.care2.com/pictures/greenliving/uploads/2016/10/463392859.jpg

Kacang hitam merupakan salah satu “powerfood” karena nilai gizi yang tinggi, penuh dengan protein, vitamin, mineral, antioksidan yang melawan penyakit dan kaya akan serat. Kacang hitam ini cukup populer di kalangan vegetarian karena merupakan salah satu sumber protein nabati. Yuk kenali lagi manfaat kacang hitam lainnya :

  1. Membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya

Hanya makan satu porsi kacang hitam per hari ditemukan dapat membantu penurunan berat badan. Uji klinis selama enam minggu dengan 940 peserta di Rumah Sakit St Michael di Toronto menemukan penurunan berat badan yang signifikan bagi mereka yang makan 3/4 cangkir kacang hitam setiap hari dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kacang setiap hari. Kacang hitam memiliki protein tinggi serat yang membantu Anda merasa kenyang dan menjaga energi Anda.

2. Indeks glikemik ditingkatkan untuk penderita diabetes

Sebuah penelitian menemukan penurunan glukosa puasa dan insulin setelah 16 minggu setelah menambahkan kacang hitam dalam diet mereka. Dalam survei, 68 persen dari ahli gizi Kanada mengatakan mereka menyarankan makan kacang hitam bagi penderita diabetes.

3. Manfaat pencernaan

Kacang hitam telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi peradangan. Kacang ini juga dapat membantu memerangi bakteri dan racun dari sistem pencernaan, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kacang hitam melindungi kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan. Kacang ini mengandung kadar tinggi fitonutrien, yang telah terbukti mengurangi kolesterol. Kacang hitam tinggi serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol tidak sehat dalam tubuh. Menurut penelitian, diet tinggi serat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Kacang hitam juga merupakan sumber folat dan magnesium yang baik, yang penting untuk kesehatan jantung.

5. Antioksidan membantu melindungi terhadap kanker

Flavonoid dan phytochemical pada kacang hitam bertindak sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang melindungi terhadap berbagai bentuk kanker, terutama untuk kanker usus besar. Satu penelitian menyimpulkan bahwa makan kacang hitam menurunkan kanker usus besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang tinggi dari kacang hitam dapat membantu mencegah kerusakan DNA dan mutasi gen, yang menyebabkan penurunan risiko sel-sel kanker berkembang.

6. Sumber Protein yang Baik

Kacang hitam merupakan sumber protein nabati yang baik, khususnya untuk orang-orang yang menghindari makan produk hewani. Satu cangkir kacang hitam memberikan 15,2 gram protein (30 persen) dari protein pembakaran lemak. Protein dibutuhkan oleh hampir setiap fungsi tubuh.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *