4 Antibiotik Alami

Health News 0 Comments
1391253-large
sumber : http://dingo.care2.com/pictures/greenliving/1392/1391253.large.jpg

Antibiotik digunakan untuk membunuh bakteri, jadi selain bakteri tidak disarankan untuk menggunakan antibiotik. Sangat penting untuk mendapatkan petunjuk dan anjuran dari dokter sebelum mengonsumsi obat antibiotik. Beberapa jenis antibiotik biasanya menggunakan bahan kimia sehingga kadang menimbulkan efek samping. Para peneliti akhirnya menemukan antibiotik alami yang efek sampingnya jauh lebih sedikit, antara lain :

  • Bawang putih

Bawang putih dikenal untuk efek antibakteri luas jangkauannya. Dalam satu studi peneliti menilai nilai kaldu bawang putih dan kemampuannya untuk melawan infeksi E. coli. Mereka menemukan bahwa semakin tinggi dosis bawang putih lebih efektif itu membunuh bakteri E. coli.

  • Chamomile Jerman

Sebuah organisasi pemerintah Jerman menyetujui chamomile Jerman sebagai pengobatan kulit untuk mengurangi pembengkakan dan melawan bakteri, serta teh atau suplemen untuk meringankan kram perut. Peneliti menilai aktivitas antimikroba pada ekstrak chamomile Jerman melawan jamur Candida albicans dan bakteri Enterococcus faecalis. Candida albicans adalah kondisi jamur yang umum (kadang-kadang, meskipun kurang akurat disebut sebagai infeksi “ragi”) dan E. faecalis adalah infeksi resisten antibiotik dan sering mengancam jiwa yang terkadang mendiami saluran akar gigi yang diobati. Indian Journal of Dentistry menerbitkan sebuah penilaian dari hasil ekstrak chamomile terhadap mikroba ini dan menemukan bahwa mampu membantu membunuh keduanya. Penelitian ini bisa membantu menjelaskan reputasi chamomile Jerman untuk penyembuhan abses gigi dan radang gusi.

  • Jahe

Dalam satu studi yang dipublikasikan di jurnal medis Nutrition, para peneliti menemukan bahwa jahe menunjukkan kemampuan yang kuat untuk menghambat bakteri dan virus

  • Oregano

Oregano adalah tanaman yang mengandung antiseptik yang kuat. Tidak seperti obat antibiotik yang bekerja hanya pada bakteri berbahaya, oregano juga bekerja terhadap bakteri, virus, jamur dan bahkan parasit seperti cacing. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers di Mikrobiologi menunjukkan efektivitas oregano terhadap infeksi strep resisten antibiotik, yang paling dikenal untuk menyebabkan radang tenggorokan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *