Strawberry Cream Chocolate Roulade

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

photogrid_1478064069568_1

Baru pertama nih saya share roll cake, Chocolate Roulade. Nah kue satu ini agak berbeda dengan kue roll pada umumnya. Saya tidak menambahkan tepung terigu loh. Semua menggunakan telur saja. Jadi cocok banget bagi kita yang ada alergi dengan wheat atau pengkonsumsi makanan gluten-free. Tekstur roll nya lebih light dan benar-benar enak.. Cokelatnya pun terasa banget karena saya menggunakan cokelat asli dan bubuk cokelat cocoa.

Bahan:
6 butir telur, pisahkan putih dan kuning nya
175 gram gula castor
175 gram dark compound chocolate, cacah kasar
2 sdm bubuk cokelat cocoa
1/4 sdt garam
200 mL krim (whipping cream)
3-4 sdm selai stroberi
1 sdt vanilla extract
Gula halus atau icing sugar

Cara Membuat:
– Siapkan loyang berukuran 33 cm X 23 cm. Olesi dengan butter tipis dan beri kertas roti.
– Panaskan oven pada suhu 180oC.
– Lelehkan cokelat compound di atas Bain Marie. Bain Marie ada lah sepanci air mendidih dan di atasnya ditumpangi dengan mangkuk atau baskom berisi cokelat. Pastikan air mendidih tidak menyentuh dasar baskom supaya tidak terlalu panas. Kecilkan apinya saat air sudah mendidih. Sisihkan cokelat yang sudah meleleh.
– Kocok putih telur hingga berbusa dan soft peak. Masukkan separuh bagian gula (kurleb 80 gram) secara pertahap. Kocok hingga kaku. Sisihkan.
– Dalam mangkuk berbeda kocok kuning telur dengan sisa gula dan garam hingga creamy.
– Tambahkan cokelat yang sudah agak dingin. Aduk rata.
– Tambahkan sepertiga bagian putih telur ke dalam adona cokelat. Aduk rata supaya adonan lebih ringan. Tambahkan sisanya secara pertahan dan aduk perlahan dengan spatula.
– Ayak cokelat cocoa ke dalam adonan dan aduk perlahan.
– Tuang adonan ke dalam loyang. Ratakan bagian atasnya.
– Panggang dalam oven selama 20 menit.
– Keluarkan dari oven dan tutup dengan kain lap bersih. Sisihkan hingga dingin.
– Sambil menunggu, kocok krim dengan vanilla hingga soft peak. Tambahkan selai dan kocok kembali hingga kaku. Jangan overwhip ya.. nanti pecah adonannya. Saat mengocok krim, krim harus dalam kondisi dingin. Bila tidak nanti tidak bisa kaku dan gagal deh.
– Letakkan kertas roti di atas meja.. Taburi dengan gula halus atau gula icing. Balik kue ke atas gula halus dan tuang adonan krim ke atas kue. Ratakan. Sisakan 1-2 cm di bagian ujung kue supaya krim tidak keluar kemana-mana saat nanti digulung karena terlalu penuh.
– Tekuk ujung kue dan gulung seperti halnya kita menggulung kue roll. Jangan kuatir bila bagian atasnya pecah tidak seperti kue roll biasa. Memang begitu kok kekhasan dari chocolate roulade satu ini.
– Letakkan di atas piring saji dan dinginkan sebelum disajikan.
– Taburi dengan extra icing sugar dan potong-potong.

Untuk 1 roll cake

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *