Ayam Goreng Crispy

Ayam & Daging, Main, Recipes 0 Comments

photogrid_1478240133349_1

Sahabat Cooking with Sheila lihat fotonya aja pasti tahu ini copycat ayam goreng apa 😉 Saya pernah share Southern Style Fried Chicken.  Nah mirip tetapi ini versi Indonesianya yang engga perlu yoghurt atau buttermilk untuk merendam daging. Lebih murah dan praktis deh. Buat yang suka pedessss, nantikan besok saya share Ayam Geprek khas Yogyakarta. Pedasnya nendanggggg.. hahaha Dibuat dari ayam goreng ini tentunya 🙂

Bahan:
1 ekor ayam potong, pilih yang tidak terlalu besar dan potong menjadi 10 bagian kemudian tusuk dengan garpu supaya bumbu lebih meresap

Bumbu perendam:
5 siung bawang putih, haluskan
300 mL air dingin
1 bungkus kaldu ayam bubuk atau 2 sdt kaldu jamur
1 sdt merica bubuk
1 butir telur
2 sdm tepung bumbu di bawah
Garam secukupnya (untuk mengetahui cukup asinnya harus coba bumbu ini. Tambahkan telur terakhir saja supaya engga terasa amis 😉 Saya tambahkan kurleb 2 sdt)

Tepung Bumbu:
200 gram tepung terigu protein sedang
2 sdm tepung maizena
1/2 sdm tepung beras
2 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt bubuk paprika atau cabai (bila suka pedas bisa ditambah)
Optional: 1/2 sdt kaldu ayam bubuk atau kaldu jamur
1-2 sdt garam ( bila tambahkan kaldu ayam bubuk yang cenderung asin, 1 sdt saja cukup)

Cara Membuat:
– Buat cairan bumbu perendam dan rendam ayam dalam bumbu ini semalaman.
– Keesokan harinya, tiriskan. Biarkan ayam pada suhu ruangan 30 menit supaya tidak terlalu dingin. Berpengaruh pada saat nanti menggoreng. Kalau kita goreng ayam yang keluar dari lemari es, nanti dalamnya bisa mentah.
– Saya masukkan tepung bumbu pada plastik gula yang besar dan saya masukkan ayam satu persatu. Saya remas-remas dan pastikan semua ayam terlumuri tepung dengan rata. Sisihkan di atas piring dan lakukan hal sama pada semua bagian ayam.
– Ulang kembali proses di atas untuk doubke coating. Hasilnya nanti lebih crispy 😉
– Siapkan panci dan masukkan 1 L minyak goreng. Yah memang banyak tapi nanti hasil gorengnya bisa bagus. Pastikan ayam bisa terendam dalam minyak. Ini yang disebut deep frying.
– Bila minyak sudah panas, masukkan ayam. Sekali menggoreng 3-4 potong saja yah. Kalau terlalu penuh nanti jadi mentah ayamnya. Malah soggy dan berminyak ayamnya.
– Kecilkan apinya dan goreng ayam selama kurleb 15-18 menit tergantung besar kecilnya.
– Sajikan panas bersama kentang goreng atau nasi putih.

Untuk 10 potong ayam

Catatan:
Tips menggoreng:
1. Pastikan ayam terendam minyak saat menggoreng.
2. Banyak yang bertanya bagaimana menggoreng ayam supaya tidak mentah? Nah suhu disini sangat berpengaruh. Jangan terlalu panas nanti dalamnya mentah. Kalau kurang panas nanti ayam jadi super berminyak. Potongan ayam juga jangan terlalu besar. Pilih ayam ukuran kecil saja atau sedang.
3. Bagaimana kita tahu panas minyak sudah pas? Saya baca sebuah trik yang menurut saya sangat berguna. Goreng sepotong roti kecil dan bila sudah crispy dan kecokelatan berarti suhu minyak pas untuk menggoreng.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *