Manfaat Kesehatan dari Kacang-kacangan (Kacang dan Lentil)

Health News 0 Comments
1394064-large
sumber : http://dingo.care2.com/pictures/greenliving/1395/1394064.large.jpg

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik. Manfaat lainnya adalah mampu menurunkan kolesterol, sumber serat yang tinggi, dan baik untuk penderita diabetes. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasannya di bawah ini :

  • Membantu Mengurangi Risiko Kanker-Terutama Colon

Beberapa kanker termasuk saluran pencernaan, lambung, usus besar, rektum dan ginjal ditemukan menurun dengan konsumsi banyak kacang-kacangan dan lentil menurut sebuah penelitian.

Dalam tiga penelitian lainnya dengan 101.856 peserta ditemukan bahwa konsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang tinggi dapat mengurangi risiko adenoma kolorektal.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi kacang dapat mengontrol kelebihan berat badan dan memiliki 22 persen penurunan risiko untuk obesitas, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi dalam survei antara tahun 1999-2002.

Satu porsi kacang per hari membantu dengan penurunan berat badan dalam uji klinis dengan 940 peserta di Rumah Sakit St Michael di Toronto.

  • Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Hasil dari (NHANES) Penelitian Kesehatan dan Gizi Survey Nasional menunjukkan bahwa pria dan wanita yang mengonsumsi kacang-kacangan 4 kali atau lebih per minggu memiliki pengurangan 22 persen risiko penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan kurang dari sekali seminggu.

Dalam sebuah penelitian 25 tahun dengan 16.000 laki-laki setengah baya, mereka yang makan lebih kacang-kacangan menunjukkan sampai 82 persen penurunan risiko serangan jantung.

  • Meningkatkan Indeks Glikemik untuk penderita diabetes

Ditemukan dalam sebuah penelitian yang menambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk diet penderita diabetes menunjukkan peningkatan dalam indeks glikemik mereka. Dalam studi lain, gandum dan kacang-kacangan bubuk mengurangi kebutuhan insulin pada pasien dengan penyakit arteri koroner. Banyak ahli gizi Kanada menyarankan makan kacang untuk penderita diabetes.

  • Kaya Protein yang Baik

Ingin tahu bagaimana untuk menggantikan daging dalam menu Anda? Tambahkan kacang-kacangan atau lentil. Mereka adalah sumber protein yang baik, dan ketika dikombinasikan dengan gandum seperti beras merah atau millet, maka akan menyediakan sumber protein lengkap tanpa lemak jenuh. Kacang memiliki kandungan protein tertinggi dari semua makanan nabati.

  • Kaya Fiber

Kacang-kacangan  adalah makanan tinggi serat larut dan tidak larut. Serat larut mengikat dengan empedu (yang mengandung kolesterol) dalam saluran pencernaan, membawanya keluar dari tubuh. Menurut penelitian diet dengan serat membantu menurunkan berat badan, dan dapat mengontrol kadar gula darah.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *