Manfaat Kesehatan dari Kafein

Health News 0 Comments
Many cups of coffee on wooden background
sumber : http://www.trainerize.com/blog/wp-content/uploads/2016/09/caffeine-basics-health-fitness.jpg

Jika mendengar kata “kafein” pasti kita langsung menghubungkan dengan sesuatu yang berbahaya, padahal tidak juga lho karena ditemukan beberapa manfaat kesehatan dari kafein jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Tetapi juga perlu diingat meskipun ada banyak manfaat dari kafein, tapi penting untuk dicatat bahwa terlalu sering menggunakan kafein bisa berbahaya. Hal ini dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan insomnia, dan memiliki dampak negatif pada pencernaan. Nah, berikut beberapa manfaat kesehatan dari kafein :

  1. Detoksifikasi

Kafein dapat membantu untuk detoksifikasi hati dan membersihkan usus besar. Karena bertindak sebagai diuretik, kafein dapat memperluas kemampuan alami tubuh untuk menyingkirkan racun berlama-lama di organ dan sel-sel, dan karena itu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sifat diuretik juga mengencerkan urin dan mengarah kepada berkurangnya risiko batu ginjal.

2. Mengurangi rasa sakit otot

Ketika dipasangkan dengan karbohidrat sebelum latihan daya tahan, kafein dapat membantu mengisi glikogen otot lebih cepat setelah aktivitas fisik. Hal ini dapat membantu untuk meringankan nyeri pasca-latihan dan mengurangi downtime.

Secara terkait, kafein mungkin dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Kafein juga merupakan bantuan besar untuk mengurangi sakit kepala sebagai senyawa yang bekerja untuk menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi rasa sakit.

3. Obat Asma

Kafein dapat membantu membuka saluran udara dan meningkatkan jumlah udara yang mampu melewati mereka, sehingga meningkatkan kemampuan penderita asma untuk bernapas dengan benar dan mengurangi keparahan serangan asma.

4. Menurunkan berat badan

Kafein juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ada beberapa bukti bahwa kafein dapat melakukannya dengan menekan nafsu makan. Selain itu, bisa meningkatkan proses yang dikenal sebagai thermogenesis, yang mempercepat tingkat di mana tubuh membakar kalori.

5. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Ada juga beberapa bukti bahwa secara kafein dapat membantu mengurangi risiko pengembangan melanoma dan bentuk lain dari kanker kulit. Penelitian ini sedang berlangsung, namun hasil awal ini sangat menjanjikan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *