Cara Untuk Mengontrol Diabetes

Health News 0 Comments

 

diabetesglucosemeter-700x525
sumber : https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/2013/11/diabetesglucosemeter-700×525.jpg

Bagi penderita diabetes mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi mesti harus diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan beberapa makanan dapat memicu gula darah naik dan tak terkontrol. Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengontrol diabetes :

1) Berhenti Merokok – Meskipun situasi stres biasanya membuat orang merokok lebih banyak, itu bisa menjadi pilihan yang sangat buruk bagi penderita diabetes, terutama mereka dengan diabetes tipe 2. Rokok penyebab penyempitan pembuluh darah, yang membatasi sirkulasi yang baik ke ekstremitas. Selanjutnya, penelitian telah menunjukkan bahwa merokok meningkatkan resistensi insulin, yang merupakan kebalikan dari apa yang pasien diabetes inginkan.

2) Mengurangi Makanan Cepat Saji – Membuat sendiri makan siang / makan malam di rumah adalah pilihan terbaik untuk orang yang menderita diabetes. Berhenti untuk mengonsumsi makanan cepat saji atau makan di restoran karena Anda tidak dapat tahu benar kandungan gula, garam, dan asupan kalori dari makanan Anda, yang bisa sangat berbahaya untuk menjaga gula darah seimbang. Makanan cepat saji mungkin juga mengandung kadar garam tinggi dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan diet tinggi garam meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada penderita diabetes. Juga, makanan cepat saji dikemas dengan lemak jenuh dan kalori tersembunyi yang berkontribusi terhadap obesitas.

3) Tetap Aktif – Ini mungkin pilihan gaya hidup yang paling jelas untuk pasien diabetes. Diabetes memperlambat aliran darah ke ekstremitas dan diperparah oleh gaya hidup menetap dan obesitas. Tetap aktif akan membuat Anda tetap dalam kondisi yang lebih baik, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan proses penyerapan insulin Anda sehingga Anda akan merasakan efek dari diabetes jauh lebih sedikit.

4) Coba Buah dan Sayuran Baru – tubuh setiap orang bereaksi terhadap makanan yang berbeda, dan itu terutama berlaku dari buah-buahan dan sayuran, yang merupakan elemen makanan penting bagi orang yang menderita diabetes. Dengan mencoba buah-buahan dan sayuran yang baru, maka Anda dapat memeriksa gula darah Anda dan melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap pilihan-pilihan makanan baru. Hal ini dapat membantu Anda membentuk rencana makanan yang lebih menguntungkan dan membantu kadar gula darah Anda tetap stabil/\.

5) Meningkatkan Asupan Serat – Serat merupakan bagian penting dari setiap diet diabetes. Serat tidak larut membuat proses pencernaan Anda berjalan lancar dan memfasilitasi serapan hara, sementara serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda dan benar-benar meningkatkan manajemen glukosa darah Anda. Oleh karena itu, kedua jenis serat harus ditambahkan untuk diet Anda setiap hari; antara 25 dan 40 gram per hari dianjurkan untuk pasien diabetes. Serat juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6) Gunakan Piring kecil – trik psikologis lain adalah menyiapkan makanan Anda di piring yang lebih kecil. Anda lebih mungkin untuk mempertahankan kontrol porsi yang tepat terhadap kalori dan asupan gula.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *