Home Baked Roti Tawar

Aneka Kue & Roti, Appetizer, Recipes 0 Comments

photogrid_1480763315297_1

Terkadang memulai gaya hidup sehat itu sama dengan mulai memasak di rumah?! Menurut pendapat saya itu bener bangettt… Saya ingat banget dulu waktu belajar nutrisi, dosen saya bilang penurunan kesehatan manusia itu dimulai dari tahun dimana mulai berkembangnya pabrik industri. Nah back to basic, karena saya yakin banyak dari kita termasuk saya mengkonsumsi roti tawar tiap pagi. Jadi salah satu menu dalam Healthy Cooking Week adalah Home Baked Roti Tawar. Saya suka sekali dengan bau ragi semerbak kemana-mana. Lihat adonan roti mengembang aduhh bikin saya super happy. Belum lagi menikmati hasilnya. Saya suka sekali teksturnya yang kenyal… Kita bisa membuatnya saat weekend dan menikmati sepanjang minggu ke depan 😉

Bahan:
1 pak (11 gram) ragi instant
40 gram (2 sdm) gula pasir ( saya menggunakan gula kastor)
40 gram unsalted butter, suhu ruangan (boleh diganti dengan mentega putih)
420 mL air hangat
600 gram tepung terigu protein tinggi (tepung untuk membuat mie dan roti)
20 gram (kurleb 2 sdm) susu bubuk
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
– Campur rata air hangat bersama ragi dan gula. Suhu air tidak bole terlalu panas sehingga justru membunuh ragi. Diamkan 5 menit hingga sedikit berbuih.
– Campur tepung bersama susu bubuk dan garam.
– Saya menggunakan standing mixer, saya masukkan adonan tepung bersama adonan ragi. Saya uleni dengan mesin selama 8 menit. Kita bisa pun menggunakan tangan kok. Bila menggunakan tangan kurleb 10 menit. Adonan ini termasuk lengket dan basah jadi saya sarankan lebih baik gunakan standing mixer atau mixer tangan dengan hook untuk roti.
– Tambahkan butter dan uleni kembali 8 menit bila menggunakan mesin dan 10 menit untuk tangan.
– Siapkan mangkuk besar dan olesi dengan minyak. Masukkan adonan dan olesi atas adonan dengan minyak supaya tidak membentuk kulit. Tutup dengan kain lap bersih dan sisihkan di tempat hangat.
– Diamkan selama 1 jam hingga adonan menjadi 2x lebih besar. Kita bersyukur tinggal di Indonesia yang beriklim panas. Jadi ragi cepat berkembang dan roti cepat mengembang. Cek setelah 45 menit.
– Di atas meja, tuang adonan dan uleni sebentar. Bentuk balok seukuran loyang roti tawar. Atau bagi menjadi 4 adonan dan bentuk bola. Masukkan dalam loyang dan tutup dengan kain.
– Diamkan kembali hingga adonan mengembang sedikit lebih tinggi dari tinggi loyang. Sekitar 30 menit.

photogrid_1480763874732_1

– Panaskan oven pada suhu 200oC dan panggang selama 35- 40 menit. Bila roti sudah cokelat, tutup dengan alumunium foil. Bagaimana cara mengecek roti sudah matang? Ketuk bagian bawahnya dan harusnya suaranya seperti hollow alias ada yg kosong mirip seperti saat kita mengetuk buah semangka.
– Dinginkan dan sajikan 🙂
– Freshly baked roti tawar is readyyyyyy…

photogrid_1480763912784_1

Catatan: Roti tawar cenderung kulitnya lembut dan tidak keras. Ada kekurangan dan kelebihannya. Kulit yg keras cenderung tahan lebih lama loh. Tetapi bila kita suka yg lembut, setelah matang olesi permukaan roti dengan sedikit susu atau krim cair (whipping cream). Jangan terlalu banyak sehingga malah jadi benyek alias berair ya..

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *