Asian Pigs in a Blanket

Aneka Kue & Roti, Appetizer, Recipes 0 Comments

photogrid_1480871219580_1
Apa sih pigs n a blanket? Itu adalah istilah Western menyebut sosis yang dibalut dengan adonan puff pastry atau roti alias roti sosis. Kalau begitu kenapa saya menyebutkan Asian? Karena kali ini saya menggunakan “tangzhong” yang adalah tepung dimasak dengan sedikit air sampai menyerupai lem. Teknik ini sering digunakan di Asia dalam breadmaking untuk menghasilkan tekstur roti yang lebih lembut. Ayoo yang suka roti sosis, boleh dicoba buat sendiri di rumah..

Bahan:
250 gram tepung terigu protein tinggi
40 gram (2 sdm) gula pasir
10 gram (1 sdm) susu bubuk
1/4 sdt garam
40 gram telur (saya sih kurang dari sebutir telur. Sangat bergantung ukuran telur yang kita pakai)
4 gram (1 sdt) ragi instant
70 mL (3 sdm + 2 sdt) air hangat (jangan terlalu panas)
20 gram unsalted butter
12 buah mini sosis (bila menggunakan sosis ukuran biasa bisa dibelah menjadi dua)
Gunakan sisa telur untuk olesan
Saus tomat dan mustard

Tangzhong:
20 gram (1 sdm) tepung terigu protein tinggi
100 mL air

Cara Membuat:
– Buat tangzhong dengan memasukkan kedua bahan dalam panci kecil. Masak di atas api kecil hingga lengket seperti lem. Kurleb 3-5 menit. Sisihkan dan dinginkan.
– Campur 70 mL air bersama ragi dan 1 sdt gula pasir (ambil dari 40 gram gula saja). Campur rata dan sisihkan hingga berbuih.
– Saya menggunakan standing mixer karena adonan ini sangat lengket tetapi bisa dilakukan dengan tangan kok. Masukkan tepung, susu bubuk, garam, gula, tangzhong, telur dan adonan ragi dalam mangkuk. Aduk rata.
– Tuang ke atas meja dengan sedikit taburi tepung. Uleni adonan selama 10 menit. Bila mengggunakan mixer seperti saya, nyalakan mixer dan uleni selama 5-8 menit.
– Tambahkan butter dan uleni kembali selama 8-10 menit. Bila menggunakan mixer 5-8 menit.
– Adonan memang agak lengket tetapi bertekstur lembut.
– Siapkan mangkuk diolesi dengan sedikit minyak. Masukkan adonan ke dalamnya. Tutup dengan kain bersih atau plastic wrap. Diamkan dalam tempat gelap dan hangat selama 45 menit. Bila suhu ruangan lebih dingin maka membutuhkan waktu lebih lama hingga adonan mengembang 2x.
– Pindahkan ke atas meja, tekan-tekan supaya untuk membuang gas hasil ragi.
– Bagi adonan menjadi 12 bagian sama rata. Bila menggunakan sosis ukuran biasa, bagi adonan menjadi 8 saja. Nanti ukuran roti saat jadi seperti yang sering kita beli di bakery 🙂 Kalau saja menggunakan mini sosis jadi lebih kecil.
– Tiap adonan bentuk seperti sosis. Gunakan telapak tangan untuk menggulung adonan menjadi tali panjang. Panjangnya seharusnya 3 kali ukuran panjang sosis. Misal panjang sosis 5 cm maka buat adonan kurleb panjang 15 cm.
– Lilitkan adonan disekitar sosis. Selipkan ujung adonan pada bagian bawah sosis supaya bentuk rotinya nanti bagus. Tertutup rapat. Sisakan 2-3 cm tiap ujung sosis tidak dibalut adonan.
– Lakukan hingga adonan habis.
– Letakkan pada pinggan pemanggang dan tutup dengan kain lap bersih. Sisihkan selama 30-45 menit. Kemudian olesi bagian atas adonan dengan sisa telur.
– Sambil menunggu panaskan oven pada suhu 180oC.
– Panggang selama 15-20 menit hingga matang dan cokelat keemasan.
– Dinginkan sebentar dan sajikan.

Untuk 12 buah mini atau 8 ukuran biasa pigs in a blanket

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *