9 Makanan yang mampu Mengurangi Stress dan Menenangkan Pikiran

Health News 0 Comments
1394904-large
sumber : http://dingo.care2.com/pictures/greenliving/1395/1394904.large.jpg

Di jaman yang serba modern ini seringkali malah memicu tingkat stress yang tinggi. Gaya dan pola hidup yang tak teratur juga berpengaruh terhadap kesehatan. Nah, pemilihan makanan tertentu dapat berdampak baik untuk kesehatan. Berikut ini 9 daftar makanan yang mampu mengurangi stress, dengan begitu dapat meningkatkan kesehatan Anda.

  1. Asparagus

Asparagus kaya akan folat. Sebuah penelitian dari 2.608 orang dewasa menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi folat memiliki risiko lebih rendah depresi dibandingkan mereka yang mengonsumsi paling sedikit.

  1. Alpukat

Tidak hanya mengandung asam folat, alpukat juga mengandung lemak sehat dan antioksidan seperti glutathione, lutein, beta-karoten, dan vitamin E, yang melawan radikal bebas yang merusak sel.

  1. Buah Berri

Buah Berri adalah sumber vitamin C, yang memiliki sejarah panjang sebagai peredam stres. Penelitian menemukan bahwa vitamin C efektif dalam mengurangi kecemasan pada penderita diabetes tipe 2.

  1. Teh Chamomile

Teh herbal dapat merilekskan tubuh Anda. Dua penelitian Dalam penelitian tahun 2009 dari University of Pennsylvania, 57 orang dewasa dengan kecemasan atau kegelisahan dan depresi diberi ekstrak chamomile selama 8 minggu, maka terlihat dapat mengurangi kecemasan dan memberikan manfaat antidepresan.

  1. Cokelat Hitam

Ternyata coklat hitam dapat meningkatkan serotonin serta menurunkan tekanan darah dan memberikan sejumlah besar antioksidan dalam bentuk flavonol dan polifenol.

  1. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi yang mengandung bakteri menguntungkan (probiotik) dapat berdampak langsung pada otak melalui saraf vagus Anda. Bahkan, baru (September 2016) ulasan dari Kanada mencatat “manfaat psikologis dari suplemen probiotik.” Pastikan untuk memilih makanan yang mengandung probiotik atau Anda ¬†dapat membuat sayuran yang difermentasi sendiri.

  1. Sayuran hijau

Kangkung, bayam, sawi, dan sayuran berdaun hijau adalah sumber folat dan magnesium, nutrisi yang mampu menenangkan pikiran. Membuat salad dengan sayuran hijau, asparagus, dan beberapa iris alpukat, mampu mengurangi stres Anda.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengurangi stres dalam dua cara. Satu, murah dan mudah untuk dibuat, sehingga Anda tidak menghabiskan banyak waktu persiapan. Dua, ia meminta otak Anda untuk membuat neurotransmitter yang menenangkan yang disebut serotonin. Menikmati semangkuk oatmeal dengan beberapa buah akan menenangkan pikiran Anda.

  1. Biji-bijian

Chiaseed, biji bunga matahari, flaxseed, biji wijen memberikan banyak kandungan magnesium, yang merupakan prekursor untuk serotonin. Penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan kepanikan.

 

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *