Japanese Zebra Cheesecake

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

photogrid_1481271788457_1

Ternyata engga cuma sponge cake atau kue bolu aja yang bisa dibuat kue zebra. Japanese cheesecake pun bisa loh. Japanese cheesecake biasa saja uda enak dengan teksturnya yang lembut banget apalagi dua rasa jadi satu.. Hari ini saya membuat rasa original dan cokelat. Saya akan share video untuk membuat pattern zebra nya. Semoga bisa membantu 🙂 Nah karena membuat kue ini menggunakan putih telur. Tips dari saya hati-hati dalam mengocok putih telur. Pastikan peralatan anda bersih dan kering. Mengaduknya ke dalam adonan keju pun hati-hati ya. Kita harus bergerak cepat tetapi hati-hati supaya teksturnya tidak bantat alias tidak mengembang nantinya.

Bahan:
250 gram cream cheese, suhu ruangan
6 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
140 gram gula kastor (bagi dua @70 gram)
60 gram unsalted butter, suhu ruangan
100 mL susu putih
1 sdm air lemon
60 gram tepung terigu protein rendah
20 gram tepung maizena
1/4 sdt garam
2 sdt ekstrak vanilla
1/4 sdt cream of tartar
2 sdm bubuk cocoa (boleh diganti dengan bubuk greentea)

Cara Membuat:
– Panaskan oven pada suhu 160oC.
– Siapkan loyang diameter 23 cm. Alasi bawahnya dengan kertas roti dan olesi sisi dinging dengan sedikit butter. Balu bagian luar dengan alumunium foil beberapa lapis untuk memastikan air tidak masuk saat dipanggang dalam waterbath.
– Didihkan air dalam panci kecil. Air 1/4 ketinggian panci saja. Matikan apinya.
– Masukkan butter dan cream cheese dalam wadah. Tumpangkan ke atas panci dan kocok hingga creamy dan fluffy.
– Tambahkan 70 gram gula dan kocok hingga gula leleh. Angkat dari panci.
– Tuang susu dan aduk rata perlahan.
– Tambahkan kuning telur satu persatu. Aduk rata.
– Tambahkan air lemon dan vanilla. Aduk rata.
– Ayak kedua jenis tepung bersama garam. Tambahkan ke dalam adonan cream cheese. Aduk perlahan.
– Dalam wadah bersih, kocok putih telur hingga berbusa. Tambahkan cream of tartar. Kocok hingga sedikit mengembang. Tambahkan 70 gram gula dan kocok hingga soft peak.
– Sisakan 4 sdm putih telur dan masukkan sisanya ke dalam adonan keju. Bagi menjadi 2-3 kali penambahan. Aduk rata perlahan.
– Bagi adonan menjadi dua. Gunakan timbangan. Sisihkan satu bagian. Ayak bubuk cocoa ke adonan dan campur rata perlahan. Kemudian tambahkan 3 sdm putih telur yang tadi kita sisihkan. Penambahan bubuk cocoa membuat adonan lebih padat dan kental.
– Untuk membuat pola zebra lakukan hal berikut:  saya menggunakan sendok lauk agak besar atau cangkir ukuran 1/3 cup. Pertama saya ambil 1/3 cup adonan putih dan saya tuang ke bagian tengah loyang. Kemudian saya ambil 1/3 cup adonan cokelat dan saya tuang ke tengah loyang. Dengan sendirinya adonan akan melebar ke samping membentuk pola selang seling. Lakukan bergantian hingga adonan kedua adonan habis.
– Ketuk-ketuk loyang ke atas meja untuk menghilangkan butiran udara.
– Saya akan memanggang kue ini dalam waterbath. Artinya gunakan wadah atau loyang dengan ukuran lebih besar dari loyang cheesecake dan letakkan loyang cheesecake di dalamnya. Tuang air panas ke dalam wadah setinggi sepertiga ketinggian loyang cheesecake.
– Panggang dalam oven selama 10 menit. Kemudian turunkan suhu ke 140oC dan panggang selama 60 menit. Matikan oven dan biarkan di dalam oven selama 15-20 menit.
– Dinginkan.
– Potong dan sajikan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *