Creamy Chicken Crispy Pancake

Aneka Kue & Roti, Appetizer, Ayam & Daging, Recipes 0 Comments

photogrid_1481609844155_1
Bila mendengar kata pancake biasanya yang terbesit di pikiran kita adalah setumpuk roti bulat agak tebal yang disajikan dengan beraneka topping manis seperti maple syrup, butter, buah, saus cokelat dan sebagainya. Berbeda dengan menu satu ini, crispy pancake. Menu ini terkenal di Britain dan berbeda dengan versi yang selama ini kita kenal. Pancake disini lebih seperti crepes. Crepes ini diisi dengan adonan ayam dan dibentuk setengah bulan. Mengapa crispy? Karena nantinya pancake ini dibalut tepung panko dan digoreng hingga cokelat keemasan dan crispy. Yukk dicoba untuk menu makan pagi liburan kali ini..

Bahan:
Untuk pancake
165 gram tepung terigu serba guna (protein sedang)
1 butir telur (ukuran agak kecil. Saya gunakan telur kampung)
300 mL susu
1/4 sdt garam

Untuk creamy chicken
25 gram unsalted butter
25 gram tepung terigu serba guna
1 siung bawang putih, cacah halus
250 mL kaldu ayam, didihkan
1 buah jagung, sisir
400 gram daging dada ayam, potong kotak kecil
100 gram (6 lembar) ham sapi atau ayam atau babi
1/2 sdt daun thyme
1/2 sdt daun rosemary
Garam dan merica secukupnya

Untuk melumuri pancake
3-4 butir telur, kocok
6 sdm tepung terigu serba guna, bumbuhi dengan garam dan merica
200 gram tepung panko, bumbuhi dengan 2 sdt bubuk paprika
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:
– Rendama ayam dengan daun rosemary, thyme, sedikit garam dan merica. Sisihkan.
– Untuk membuat adonan pancake: aduk rata semua bahan menjadi satu. Gunakan pengocok balon. Sisihkan dalam lemari selama 30 menit.
– Sambil menunggu buat filling: lelehkan butter dalam panci kecil. Masukkan tepung dan masak selama 1-2 menit. Tambahkan bawang putih dan masak sebentar 1-2 menit. Tuang kaldu perlahan sambil diaduk hingga creamy dan halus. Tambahkan daging ayam dan jagung. Aduk dan masak. Bumbuhi dengan garam dan merica secukupnya. Masak hingga ayam matang. Terakhir tambahkan ham. Aduk rata dan sisihkan.
– Gunakan teflon kecil ukuran diameter 15 cm. Olesi dengan sedikit minyak. Tuang 1 sendok sayur adonan pancake ke dalam teflon dan ratakan. Masak dengan api kecil. Tutup selama 30 detik hingga kulit bagian bawahnya agak menggelembung. Balik. Masak 15 detik. Sisihkan. Lakukan hingga adonan pancake habis. Sama persis seperti membuat crepes atau kulit risoles.
– Ambil satu kulit pancake, olesi sekelilingnya dengan telur dan taburi dengan sedikit tepung. Isi dalamnya dengan 2 sdm adonan ayam. Tutup rapat. Anda akan mendapatkan bentuk setengah bulan. Lakukan hingga adonan habis.
– Siapkan telur pada datu wadah datar. Tepung terigu pada wadah lain. Tepung panko pada wadah lain. Pertama ambil satu pancake yang sudah diisi. Lumuri dengan tepung terigu secara merata tetapi tipis saja. Kemudian lumuri telur secara merata. Terakhir lumuri dengan tepung panko secara merata. Sisihkan. Lakukan hingga semua pancake habis.
– Siapkan teflon untuk menggoreng. Masukkan minyak beberapa sdm saja, tidak perlu terlalu banyak. Masukkan pancake. 2 buah pancake dalam sekali penggorengan. Masak hingga kedua sisi cokelat keemasan. Sisihkan.
– Goreng seperlunya dan simpan sisanya dalam lemari es.
– Sajikan panas.

Untuk 12-13 buah pancake

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *