Focaccia Pizza

Aneka Kue & Roti, Nasi - Mie - Pasta, Recipes, Snack 0 Comments

photogrid_1481717616291_1

Akhir-akhir ini, saya lagi hobby banget buat roti. Nah minggu ini saya share bagaimana membuat pizza. Pizza biasanya berbentuk bulat. Ada yang dasarnya tipis dan ada yang tebal. Nah agak berbeda dengan versi yang biasa kita lihat di restaurant. Saya membuat pizza berbentuk kotak dengan dasar roti terbuat dari focaccia. Focaccia ini memang lebih tebal dari ukuran roti pizza pada umumnya. Bila kita ingin jadinya lebih tipis, gunakan saja ukuran loyang kotak atau baking sheet lebih besar. Untuk toppingnya pun bisa bervariasi sesuai yang kita suka.

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi untuk roti
300 mL air hangat
1/2 sdm gula pasir
1 sdt garam
1 pak (11 gram) ragi instant
Minyak olive secukupnya

Untuk topping:
Saus tomat (saya membuat sendiri saus tomatnya. Kihat catatan di bawah. Tetapi untuk cara cepat gunakan pasta sauce yang terbuat dari tomat)
Keju mozarella secukupnya
Topping kesukaan kita seperti pepperoni, sosis, jamur, olives, bawang bombay dan sebagainya

Cara Membuat:
– Dalam wadah aduk air hangat bersama gula dan ragi. Sisihkan hingga berbuih.
– Campur rata tepung dan garam.
– Setelah berbuih, tuang adonan ragi ke dalam tepung dan campur hingga membentuk satu bola.
– Uleni selama 10 menit hingga adonan tidak lengket, halus dan kenyal.
– Olesi wadah dengan minyak olive secukupnya. Masukkan adonan roti dan tutup dengan kain bersih atau plastic wrap. Sisihkan dalam tempat hangat selama 45 menit hingga mengembang dua kali lipat.
– Siapkan loyang kotak ukuran 23 cm x 33 cm. Tuang adonan roti ke dalam loyang. Gunakan tangan dan jari kita untuk menekan-nekan adonan hingga memenuhi loyang.
– Olesi bagian atas roti dengan saus tomat dan taburi dengan keju mozarella dan topping lainnya. Tutup dengan kain dan diamkan selama 20 menit supaya mengembang kembali.
– Sambil menunggu panaskan oven pada suhu 200oC.
– Tuang sedikit olive oil ke atas adonan roti dan taburi dengan sedikit garam. Saya menggunakan pink salt.
– Panggang dalam oven selama 20 menit hingga roti matang. Ketuk bagian bawah roti. Bila terdengar seperti ruang kosong artinya sudah matang.
– Potong- potong dan sajikan.

Catatan:
Saya membuat saus tomat sendiri dengan memasak sekaleng chopped tomato dengan 1 sdt oregano, 1 sdm gula, garam dan merica secukupnya. Masak dengan api kecil hingga mengental dan kuahnya habis.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *