Manfaat Jambu Biji

Health News 0 Comments
guava2-700x525
sumber : https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/2013/05/Guava2-700×525.jpg

Jambu biji dikenal ada tiga yaitu jambu biji putih dan jambu biji merah, dan jambu biji bangkok. Jambu biji merah memiliki rasa yang cenderung lebih manis sehingga lebih digemari. Padahal, keduanya sama-sama mengandung nutrisi yang baik lho. Jambu biji kaya akan vitamin C dan serat yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat lainnya :

  1. Menurunkan Berat badan: Jambu biji sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan serat. Jambu biji sangat tinggi di serat dan kaya akan vitamin, protein dan mineral, tetapi tidak memiliki kolesterol dan sejumlah rendah karbohidrat dicerna. Ini adalah adalah makanan ringan yang sangat mengisi dan memenuhi nafsu makan yang sangat mudah.

2. Mengontrol Diabetes Tipe 2: Asupan jambu biji juga dapat membantu pasien yang menderita diabetes. Tingkat tinggi serat makanan dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

3. Kesehatan Mata: Jambu biji merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, yang dikenal sebagai pendukung untuk kesehatan mata. Hal ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan kesehatan umum dari mata. Hal ini tidak hanya dapat mencegah degradasi penglihatan, tetapi bahkan peningkatan penglihatan.

4. Pencegahan Kanker: Salah satu manfaat paling terkenal dan penting menambahkan jambu untuk diet Anda adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir tentang efek jambu ini terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut. Minyak daun jambu biji sangat sukses sebagai zat anti-proliferasi, dan sebenarnya telah terbukti lebih efektif daripada obat-obatan modern yang terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan kanker. Jambu biji juga kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang telah terbukti sangat sukses dalam mengurangi risiko kanker prostat. Bahwa antioksidan yang sama juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, meskipun perlu dilakukan penelitian lagi.

5. Diare & disentri: Jambu biji sangat kaya astringents (senyawa yang membuat gusi Anda terasa lebih kencang dan segar). Setelah Anda mengunyah daun jambu biji, makan jambu mentah, atau menggunakan pasta gigi berbasis jambu), mulut terasa lebih sehat, dan kualitas astringent juga mengurangi gejala diare. Astringent ini alkali di alam dan memiliki desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu untuk menyembuhkan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghapus lendir ekstra dari usus. Selanjutnya, nutrisi lain dalam jambu biji seperti vitamin C, karotenoid dan kalium, memperkuat dan nada sistem pencernaan sekaligus desinfektan itu. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati gastroenteritis untuk alasan yang sama dinyatakan di atas.

6. Sembelit: Jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya dari serat makanan dalam hal buah. Bijinya, jika tertelan utuh atau dikunyah, merupakan pencahar yang sangat baik. Jambu membantu pembentukan gerakan usus yang sehat, dan membantu tubuh dalam mempertahankan air dan pembersihan tuntas usus dan sistem ekskresi.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *