Cara Melelehkan Cokelat

Tips 0 Comments

IMG-20170311-WA0003

Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat kue atau roti adalah cokelat. Nah, biasanya cokelat dilelehkan dulu untuk beberapa jenis menu. Bagaimana ya cara yang benar untuk melelehkan cokelat? Berikut caranya :

  • Metode Kompor atau Bain Marie  – Masukan cokelat yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu dalam mangkuk tahan panas yang cocok ditaruh di atas panci/wajan datar yang disi air hampir mendidih. Aduk sesekali sampai coklat meleleh kemudian keluarkan dari panci/wajan. Jangan biarkan cokelat bersentuhan dengan air, dan pastikan mangkuk dan sendok atau spatula untuk mengaduk kering sempurna. Sedikit air dapat menyebabkan cokelat yang dilelehkan rusak atau berubah menjadi kaku.
  • Metode Microwave – Masukan cokelat yang dipotong-potong dalam mangkuk microwave-safe dengan pengaturan panas 50% selama 1 menit, kemudian keluarkan dan aduk. Ulangi pemanasan pada interval yang lebih pendek, 15 sampai 20 detik, kemudian aduk lagi sampai coklat benar-benar meleleh dan memiliki konsistensi halus.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *