Manfaat Oyong

Health News 0 Comments
ridge-gourds
sumber : http://st1.thehealthsite.com/wp-content/uploads/2015/08/Ridge-gourds.jpg

Oyong atau biasa dikenal dengan sebutan Gambas adalah sayuran hijau yang luarnya nampak keras tetapi daging dalamnya lunak. Tahukan Anda oyong adalah sumber yang kaya serat, vitamin C, zat besi dan nutrisi lainnya, selain itu juga rendah kalori. Berikut adalah beberapa manfaat dari oyong.

  1. Membantu dalam mengurangi peradangan

Oyong sangat efektif dalam mengurangi peradangan bila diterapkan secara eksternal. Sayuran ini dapat dikonsumsi untuk mengurangi peradangan internal dan untuk meringankan batuk dan mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening. Pasta dari daun bersama dengan bawang putih cincang membantu dalam memberikan bantuan pada kusta.

  1. Ideal untuk menurunkan berat badan

Oyong kaya akan serat makanan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama. Hal ini juga rendah kalori dan tinggi kandungan air sehingga pilihan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

  1. Membantu dalam mengendalikan diabetes

Rendah kalori dan sifat antioksidan dari oyong membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk diet diabetes.

  1. Mengurangi panas dalam tubuh

Mineral yang tinggi pada oyong menghasilkan efek basa dalam tubuh, sehingga mengurangi tanda-tanda keasaman dan memberikan efek pendinginan. Sifat alkali yang juga membantu dalam mengurangi sensasi terbakar saat buang air kecil dan mencegah bisul dan panas yang berlebihan.

  1. Mencegah rambut rontok

Nutrisi dalam sayuran ini mampu memulihkan pigmen dan membuat akar kuat, sehingga mengurangi rambut rontok.

  1. Mengurangi infeksi kulit dan mencegah penyakit kulit

Oyong membantu pemurnian darah yang penting untuk mencegah jerawat dan kulit berjerawat. Dengan demikian, konsumsi oyong dalam diet Anda 1-2 kali seminggu dapat membantu membersihkan darah dari semua kotoran dan menangkal penyakit kulit atau infeksi.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *