Chicken Curry Hotteok

Aneka Kue & Roti, Recipes, Snack 0 Comments

photogrid_1482296141442_1

Hotteok ini adalah jajanan populer sejenis pancake dari Korea. Biasanya banyak dijual di pasar dengan isian manis dan kacang. Kita bisa mengisinya dengan keju atau cokelat sesuai selera kita. Tetapi hari ini saya membuat variasi berbeda dengan isian kari ayam. Cocok banget untuk jajanan di sore hari sepulang kerja atau weekend saat berkumpul dengan keluarga.. Digoreng dan disajikan selagi panas. Yummmm…

Bahan:
250 gram tepung terigu serba guna atau protein sedang
2 sdm gula kastor
2 sdt ragi instant
1/2 sdt garam
240 mL air hangat
1 sdm minyak sayur

Untuk chicken curry:
1/2 buah bawang bombay, potong kotak kecil
100 gram daging ayam bagian dada atau paha atas tanpa kulit dan tulang, potong kotak kecil
2 buah kentang ukuran sedang, kupas dan kukus hingga matang kemudian potong kotak kecil
2 sdt bubuk kari
1/2 sdt bubuk cabai
1/2 sdt bubuk kunyit
1 sdt gula pasir
Garam dan merica secukupnya
Minyak secukupnya

Cara Membuat:
– Campur air hangat dengan ragi dan gula.  Sisihkan hingga berbuih. Tambahkan garam dan minyak.
– Campur tepung dengan adonan ragi. Aduk rata hingga halus. Gunakan saja sendok kayu atau spatula karena adonan sangat lengket. Tutup dengan kain atau plastic wrap. Sisihkan selama 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
– Aduk rata untuk menghilangkan gas dan sisihkan.
– Sambil menunggu buat filling: panaskan sedikit minyak dan tumis bawang bombay hingga berubah warna. Tambahkan bubuk kari, kunyit dan cabai. Masak sebentar hingga bawang matang. Tambahkan daging ayam dan aduk rata. Masak hingga ayam setengah matang. Tambahkan kentang. Bumbuhi dengan gula, garam dan merica secukupnya. Masak selama 5-10 menit hingga bumbu meresap dan ayam matang. Sisihkan dan dinginkan.
– Olesi tangan kita dengan minyak, ambil kira-kira 3-4 sdm adonan (saya gunakan 1/3 cup gelas ukur). Pipihkan dan isi dengan 1-2 sdm filling. Tutup (Mirip seperti mengisi bakpao)
– Sementara mengisi adonan dengan filling, panaskan teflon dan beri minyak secukupnya. Goreng hotteok. Jangan terlalu penuh. Balik ketika bagian bawah sudah cokelat keemasan. Tekan bagian atas hingga bentuknya lebih pipih. Masak hingga kedua sisi cokelat keemasan dan matang.
– Sajikan selagi masih panas.

Untuk 10 hotteok

Catatan: Adonan hotteok ini memang sangat lengket. Pastikan tangan kita dilumuri minyak secukupnya. Ambil adonan secukupnya dan isi dengan filling. Tutup dan langsung goreng. Jangan tunggu hingga semua adonan selesai dibungkus dan kemudian digoreng. Takutnya nanti kulitnya malah pecah saat diletakkan diatas piring dan hendak diambil waktu mau digoreng. Jadi berantakan dehh hihihi

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *