Kimchi, Makanan Sehat Ala Korea

Health News 0 Comments
make-kimchi-hp-orig-1160x768
sumber : http://oogeewoogee.com/wp-content/uploads/2015/02/make-kimchi-hp-orig-1160×768.jpg

Apakah Anda penggemar drama Korea? Atau boyband/girlband Korea? Hmmm sudah pasti juga kenal dong makanan khas dan wajib orang Korea yaitu Kimchi.  Kimchi ini merupakan makanan tradisional khas Korea yang biasanya digunakan sebagai pelengkap saat makan. Biasanya isinya terbuat dari sayuran yang difermentasikan, yaitu lobak, sawi putih, kubis, ketimun dan lain sebagainya. Ternyata makanan ini sehat lho, dan bermanfaat bagi tubuh. Yuk lihat apa saja manfaatnya :

  1. Mendukung Sistem Pencernaan

Kimchi membantu dalam kesehatan pencernaan. Ini merupakan sumber probiotik yang diperoleh dari proses fermentasi. Hal ini mendorong rasa dan bentuk bakteri bernama Lactobacillus yang dianggap sehat untuk usus. Karena dibuat dari kubis yang memiliki sifat detoksifikasi dan menghilangkan racun dan limbah. Ini mendukung untuk membersihkan usus. Serat merangsang pergerakan usus dan juga mencegah sembelit.

2. Menurunkan Kolesterol

Asupan harian Kimchi memiliki efek positif pada tingkat kolesterol. Bawang putih memiliki kandungan allicin dan selenium. Allicin menurunkan tingkat kolesterol dan juga mengurangi kemungkinan penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke. Selenium mencegah penumpukan plak dan menurunkan kemungkinan aterosklerosis. Kimchi yang difermentasi menurunkan kolesterol LDL.

3. Sifat Antioksidan

Kimchi memiliki jumlah antioksidan tinggi yang bertindak mencegah kerusakan oksidatif dan efek negatif dari radikal bebas

4. Masalah Kulit

Kimchi memiliki bakteri lactobacillus yang memberikan sifat terapeutik terhadap masalah kulit seperti dermatitis atopik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kimchi membantu untuk mengurangi peradangan.

5. Mengatasi Obesitas

Kimchi memiliki bakteri lactobacillus yang sehat bagi tubuh. Ini membantu untuk menurunkan berat badan dengan menurunkan tingkat gula darah dan mengontrol nafsu makan. Serat membuat tubuh penuh untuk jangka waktu yang panjang dan mencegah makan berlebihan.

6. Kekebalan

Kimchi memiliki kandungan tinggi flavonoid serta komponen fenolik. Jahe, paprika dan bawang putih memiliki efek menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh. Menetralkan terhadap infeksi seperti  gejala flu.

7. Menurunkan stres oksidatif

Kimchi memiliki sifat antioksidan karena vitamin C. Kimchi juga bersifat anti-penuaan yang membantu mengurangi peradangan. Hal ini menurunkan stres oksidatif dalam sel dan menghambat peroksidasi lipid.

8. Mencegah Kanker

Kimchi menurunkan kemungkinan perkembangan kanker karena adanya sifat anti-kanker. Kimchi memiliki flavonoid yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Kubis memiliki glucosinolates yang memecah untuk pembentukan isothiocyanates.

9. Mengobati Diabetes

Pasien diabetes tipe 2 harus mengonsumsi Kimchi karena memiliki sifat anti-diabetes. Ini mempromosikan toleransi glukosa. Kimchi efektif untuk pasien diabetes bila dikonsumsi dengan diet rendah lemak.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *