7 Gejala Defisiensi Zat Besi

Health News 0 Comments
anemia-mental-health
sumber : http://www.empowher.com/sites/default/files/herarticle/anemia-mental-health.jpg

Zat besi sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena merupakan bagian dari hemoglobin sel darah merah yang membawa oksigen ke sel-sel tubuh, sehingga kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Dampak lainnya adalah penderita merasa lemah, letih dan lesu. Berikut gejala kekurangan zat besi :

  1. Kelelahan

Mari jujur, kita semua lelah, kan. Apakah Anda lelah karena Anda membutuhkan lebih banyak zat besi untuk membantu membawa darah oksigen, atau Anda lelah karena hal lain? Kelelahan saja mungkin tidak menunjukkan kekurangan zat besi, namun seiring dengan gejala lain di daftar ini, itu adalah tanda peringatan.

  1. Kulit nampak Pucat

Beberapa orang pucat secara alami, tapi dikombinasikan dengan gejala lain di daftar ini, pucat dapat menunjukkan kekurangan zat besi. ABC News juga mengatakan bahwa tidak peduli apa warna kulit Anda, jika dalam bibir Anda, gusi, dan bagian dalam kelopak mata bawah Anda kurang merah dari biasanya, mungkin Anda kekurangan zat besi.

  1. Kesulitan Bernapas

Seperti yang disebutkan di atas, Anda membutuhkan zat besi untuk membantu membawa darah oksigen ke sel-sel Anda. Kekurangan zat besi bisa membuat Anda merasa kehabisan napas.

  1. Denyut jantung tak teratur

Defisiensi zat besi jangka panjang dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur dan komplikasi jantung lainnya. Hal ini juga dapat membuat masalah jantung lebih buruk. Jika Anda memiliki masalah jantung, dokter harus memeriksa zat besi Anda secara teratur.

  1. Sakit kepala

Tentu saja, kita semua mengalami sakit kepala dari waktu ke waktu, tetapi jika Anda mengalami sakit kepala sering bersama dengan banyak gejala-gejala lainnya, Anda mungkin kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi menyebabkan arteri pembengkakan di otak Anda.

  1. Kecemasan Umum

Kekurangan zat besi menghalangi sistem saraf Anda mendapatkan oksigen, yang dapat membuat Anda merasa cemas tanpa alasan.

  1. Rambut Rontok

Rambut rontok adalah gejala kekurangan zat besi yang parah, ketika tubuh Anda bekerja sangat keras untuk menghemat oksigen.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *