10 Makanan Yang Mengatur Keseimbangan Hormon dan Mengurangi Peradangan

Health News 0 Comments
1378740.large
sumber : http://dingo.care2.com/pictures/greenliving/1379/1378740.large.jpg

Ketidakseimbangan hormon dan peradangan adalah kondisi umum dan menjadi penyebab dibalik gejala seperti nyeri sendi, kelelahan, tekanan darah tinggi, sakit kepala dan kembung. Sayangnya hal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit yang lebih serius, seperti kanker dan diabetes.

Berita bagusnya adalah konsumsi makanan tertentu akan membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi peradangan. Untuk membantu menurunkan risiko penyakit, coba tambahkan beberapa hal berikut untuk diet Anda.

  1. Apel

Apel kaya akan quercetin, antioksidan yang mengurangi peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa apel melawan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko kanker, melawan infeksi virus dan banyak lagi.

Apel juga buah yang sempurna untuk menurunkan berat badan karena mereka padat gizi, rendah kalori dan kaya serat.

  1. Blueberry

Blueberry tidak hanya manis, tapi mereka juga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Konsumsi lah 3 atau 4 cangkir blueberry per minggu.

Blueberry benar-benar memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung, mencegah infeksi saluran kemih, meningkatkan daya penglihatan.

  1. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak Omega 3 dan protein. Penelitian menunjukkan bahwa salmon mengurangi peradangan dan membantu mengontrol insulin.

  1. Bayam

Bayam adalah makanan padat nutrisi dan sumber dari steroid tanaman (phytoecdysteroids), yang telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan tingkat insulin yang lebih rendah.

  1. Teh hijau

Anda mungkin sudah tahu beberapa manfaat kesehatan dari teh hijau. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme.

Teh hijau juga mengandung theanine, senyawa yang mengurangi pelepasan kortisol (hormon stres). Juga memiliki antioksidan yang mengurangi peradangan.

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah tersehat di dunia karena kaya lemak sehat dan serat. Menurut penelitian, alpukat mengurangi penyerapan estrogen dan meningkatkan kadar testosteron.

Penelitian juga menunjukkan bahwa alpukat akan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Perhatikan bahwa alpukat tinggi kalori sehingga konsumsi secukupnya. Seperempat alpukat per hari adalah ukuran porsi yang baik untuk kesehatan.

  1. Almond

Almond membantu mengatur kadar gula darah, yang akibatnya mengurangi risiko diabetes tipe II. Almond juga membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Almond, seperti kebanyakan kacang, tinggi kalori sehingga juga perlu diperhatikan batas konsumsinya.

  1. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa alami yang disebut glucosinolates, yang membantu mengurangi risiko kanker estrogen. Satu cangkir brokoli akan memberi cukup pasokan vitamin C per hari.

Brokoli juga mengandung kalium, kalsium dan magnesium. Mineral ini dapat meningkatkan fungsi otot dan memperkuat tulang.

  1. Flaxseed

Biji rami kaya akan antioksidan, serat dan lemak sehat. Flaxseed dapat melewati usus tanpa dicerna, sehingga belilah flaxseed yang sudah digiling atau Anda dapat menggiling sendiri..

  1. Akar Maca

Akar Maca kaya akan mineral dan asam lemak. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul atau memasukkannya ke dalam minuman jika itu dalam bentuk bubuk.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *