Traditional Green Tea And Honey Castella Cake

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

 

 
 
Castella Cake adalah sejenis sponge cake yang sangat populer di Jepang. Mereka menyebutnya “Kasutera”. Dengan bahan seadanya di rumah, kita bisa membuat kue lembut dan moist. Oleh sebab itu, tidak sedikit banyak rumah tangga di Jepang menyajikan kue ini bagi keluarga mereka. Yukkk ga harus ke Jepang coba kue ini, kita pun bisa baking Castella Cake di rumah 😉
 
Bahan:
4 butir telur
100 gram gula kastor
85 gram tepung terigu protein rendah 
2 sdm bubuk greentea
3 sdm madu (boleh diganti dengan sirup jagung)
20 mL susu hangat atau air panas
(Kalau mau hanya rasa madu, tidak usah tambahkan greentea dan tambahkan jumlah tepung terigu menjadi 100 gram)
 
Cara Membuat:
– Siapkan loyang kotak berukuran 22 cm X 8 cm X 7 cm. Olesi dengan mentega dan beri kertas roti. Panaskan oven pada suhu 160oC.
– Buat Bain Marie dengan merebus sedikit air kurleb 200 mL dalam panci. Kecilkan apinya.
– Masukkan telur di atas wadah dari alumunium. Tumpangkan di atas Bain Marie. Kocok dengan menggunakan hand-mixer hingga berbusa. Tambahkan gula sedikt demi sedikit dan kocok hingga mengental dan warnanya putih pucat. Kurleb kocok selama 5-10 menit. Sisihkan.
– Campur susu atau air hangat dengan bubuk greentea dan madu kemudian tambahkan ke dalam adonan telur. Aduk perlahan dengan spatula.
– Ayak tepung dan tambahkan ke dalam adonan telur dalam 2-3 kali penambahan. Aduk perlahan dengan spatula.
– Tuang adonan dalam loyang. Panggang dalam oven selama 30-35 menit bergantung pada panas oven kita. Bila bagian permukaan sudah kecokelatan, tutup dengan alumunium foil. Hindari membuka tutup oven!!!
– Saat sudah matang, keluarkan kue dari loyang dan gunakan cling wrap untuk membungkus kue selagi masih panas. Simpan dalam lemari es 12-36 jam untuk hasil lebih moist dan rasa lebih enak. Bila langsung dimakan teksturnya dry loh. Jadi sabar yang tunggu minimal 12 jam. Hehehe
– Potong-potong seperti kita memotong kue lapis surabaya.
– Sajikan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *