Rahasia Sehat Ubi Jalar Ungu

Health News 0 Comments
Sweet_Potato_10
sumber : http://tcpermaculture.com/site/wp-content/uploads/2014/04/Sweet_Potato_10.jpg

Ubu jalar ungu sangat lezat terutama dimakan dalam kondisi yang masih hangat. Kebanyakan orang masih menganggap ubi ungu adalah makanan tradisional. Tetapi, saat ini tidak hanya bisa diolah menjadi makanan tradisional, ubi ungu juga dibuat menjadi sesuatu yang lebih modern seperti puding ungu manis, ubi jalar ungu, beras dan brownies ubi ungu. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan dariubi ungu

  1. Sirkulasi darah

Pigmen ungu yang terkandung dalam ubi ungu terkait dengan sirkulasi darah dalam tubuh. Pigmen ungu yang memberi warna pada daging ubi disebut anthocyanin. Pigmen tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara. Jadi setiap gumpalan darah tidak akan terjadi dan sirkulasi darah dalam tubuh kita menjadi lancar.

  1. Pencernaan yang lebih baik

Serat dan pectin ditemukan di ubi ungu sangat bermanfaat untuk pencernaan makanan. Keduanya membantu dalam menjaga proses pencernaan. Jadi kita akan aman dari berbagai gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, dan bahkan kanker.

  1. Sumber karbohidrat yang baik

Ubi ungu mengandung karbohidrat jumlah tinggi karena sehingga hampir sama dengan nasi. Warna ungunya juga dapat digunakan sebagai bahan untuk pewarna alami makanan.

  1. Anti-bakteri

Aktivitas anti-bakteri ubi ungu mencapai 3,2 kali lebih tinggi dari berbagai jenis blueberry. Jadi tambahkan ubi ungu dalam diet Anda cukup bermanfaat untuk mengatasi semua masalah bakteri.

  1. Mengatasi Asma

Asma bukanlah penyakit itu bisa disembuhkan, tetapi cenderung berkurang dengan rutin mengonsumsi ungu ungu. Asma terjadi karena organ paru yang sulit untuk berkembang. Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur, asma akan jarang kambuh lagi.

  1. Kalori rendah

Ungu ungu mengandung 112 kalori tanpa lemak dan kolesterol. Biasanya ubi ungu dikonsumsi dengan merebus atau mengukus yang meningkatkan rasa manis tetapi kalori tetap rendah.

  1. Menambah bobot tubuh

Ungu ungu terdiri dari karbohidrat kompleks dan juga memiliki rasa manis yang dapat membantu untuk menambah bobot tubuh Anda. Tentu saja tidak hanya mengonsumsi ubi ungu secara teratur tetapi juga dilengkapi dengan latihan dan olahraga. Maka otot dapat dibentuk dan berat badan Anda akan meningkat dengan mudah.

  1. Anti-Kanker

Ubi ungu memiliki aktivitas antioksidan 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan jenis blueberry. Karena aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dapat membantu untuk mengontrol sel-sel kanker dalam tubuh. Selain itu, selenium dan kandungan yodium dalam ubi ungu adalah 20 kali lebih tinggi daripada jenis lain dari ubi. Dengan demikian cukup membantu untuk mengatasi kanker.

  1. Diproses menjadi berbagai hidangan yang sehat

Warna ungu yang indah dari ubi ungu dapat digunakan sebagai pewarna alami. Berbagai macam makanan sehat dapat dibuat dari warna ungu ini. Kita dapat menemukan berbagai resep ubi ungu.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *