Manfaat Kesehatan dari Minyak Cengkeh

Health News 0 Comments
cloveoil-700x525
sumber : https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/cloveoil-700×525.jpg

Pernahkan kalian mendengar atau bahkan menggunakan minyak cengkeh? Biasanya minyak cengkeh ini paling banyak digunakan saat sakit gigi. Dengan mengoleskan minyak cengkeh manpu mengurangi peradangan pada gigi dan gusi. Nah, berikut manfaat kesehatan dari minyak cengkeh lainnya :

Infeksi: Karena sifat antiseptik, minyak cengkeh berguna untuk luka, kudis, infeksi jamur, memar, biang keringat, dan jenis-jenis cedera lainnya. Minyak ini juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga dan sengatan. Akan tetapi minyak cengkeh ini kurang cocok digunakan oleh orang-orang dengan kulit sangat sensitif.

Perawatan gigi: Penggunaan paling menonjol dari minyak cengkeh adalah dalam perawatan gigi. Sifat antikuman pada minyak ini yang membuatnya sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit gigi, sakit gusi dan sariawan.Minyak cengkeh berisi senyawa eugenol, yang telah digunakan dalam kedokteran gigi selama bertahun-tahun. Berkumur dengan minyak cengkeh yang diencerkan membantu dalam mengurangi rasa sakit tenggorokan dan iritasi. Bau khas minyak cengkeh juga membantu untuk menghilangkan bau mulut.

Perawatan kulit: Minyak cengkeh sering direkomendasikan untuk perawatan kulit, terutama untuk jerawat. Anda akan menemukan minyak cengkeh ini di banyak produk untuk mengurangi efek penuaan, seperti keriput, kulit kendur, dan peremajaan wajah untuk mata karena sifatnya yang meremajakan, yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga membuatnya terlihat muda lag.

Sistem kekebalan tubuh: Cengkeh dan minyak cengkeh berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minyak cengkeh ini mengandung antioksidan yang mengais tubuh dari radikal bebas berbahaya yang menyebabkan banyak penyakit seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Mengelola Stress: Minyak cengkeh juga berfungsi sebagai pereda stres yang sangat baik. Memiliki efek merangsang pikiran dan menghilangkan kelelahan mental. Juga menginduksi tidur dan membantu pasien yang menderita insomnia. Selain itu juga berguna untuk mengobati gangguan saraf seperti kehilangan memori, depresi dan kecemasan.

Sakit kepala: Minyak cengkeh, bila dicampur dengan garam dan diterapkan di dahi, memberikan efek pendinginan yang membantu dalam mengurangi sakit kepala. Untuk alasan yang sama, minyak cengkeh digunakan sebagai pereda nyeri pada bagian lain dari tubuh, seperti sendi dan otot yang bekerja terlalu keras, sehinggak memberikan bantuan dari peradangan menyakitkan atau pembengkakan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *