7 Rempah Dapur untuk Kesehatan yang Prima

Health News 0 Comments
1399038.large
sumber : http://dingo.care2.com/pictures/greenliving/1400/1399038.large.jpg

Indonesia kaya akan beranekaragam rempah-rempah. Rempah-rempah ini banyak digunakan sebagai bumbu alami untuk masakan. Tak hanya itu saja, tetapi rempah dapur juga banyak manfaatnya untuk kesehatan kita lho. Sebut saja jahe, yang tentunya berguna untuk pencernaan kita serta mampu menghangatkan badan di saat terkena flu. Berikut beberepa rempah dapur yang manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan kita.

  1. Kayu Manis

Kayu manis sering digunakan sebagai bahan dapur. Kayu manis ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, mengobati diabetes tipe 2 dan dapat meningkatkan fungsi otak.

  1. Cengkeh

Minyak atsiri cengkeh sangat efektif dalam menjaga gusi dan gigi yang sehat. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit gigi dan dapat membantu mengurangi masalah perut dan nyeri otot.

  1. Kapulaga

Kapulaga dikenal karena kemampuannya untuk membantu masalah pencernaan termasuk mual, mulas dan bahkan bau mulut. Aromanya dapat meringankan depresi dan kecemasan, dan kehadiran phytochemical IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane) memberikan manfaat sebagai pencegahan kanker.

  1. Lada hitam

Lada hitam meningkatkan pencernaan Anda, membantu mencegah dan mengurangi gas dan memiliki sifat antibakteri yang kuat. Minyak esensial lada hitam dapat meningkatkan mood Anda, terutama jika Anda merasa lesu atau lelah. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi.

  1. Jahe

Jahe adalah bumbu serbaguna yang berharga untuk masalah pencernaan serta mengandung efek anti-inflamasi. Cocok bagi Anda yang sering mengalami nyeri perut, seperti ibu hamil atau mabuk laut.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang mengandung antioksidan yang paling ampuh dan anti-inflamasi. Hal ini dapat meringankan semua jenis masalah terkait peradangan dalam tubuh dari kolesterol tinggi, untuk arthritis dan bahkan kondisi kulit kronis termasuk psoriasis dan jerawat.

  1. Pala

Untuk penderita insomnia atau mereka dengan kesulitan tidur, mengonsumsi pala sedikit sebelum tidur bisa meindukasi tidur Andai. Pala juga dapat meredakan sakit gigi (minyak esensial) serta dapat membantu meningkatkan libido.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *