8 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Mood

Health News 0 Comments

Kesibukan serta rutinitas Anda sehari-hari tak jarang membuat mood menjadi kacau. Jika mood sedang turun maka segala sesuatunya malas untuk dilakukan dan menjemukan. Sebaliknya jika mood Anda meningkat maka Anda akan merasa semangat sepanjang hari. Tak jarang, makanan yang Anda konsumsi berperan penting dalam meningkatkan/menurunkan mood Anda. Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan mood dalam hal makanan, sehingga hari-hari Anda tak lagi membosankan. Berikut tipsnya :

Mood
sumber : http://www.1ohww.org/content/uploads/2014/09/Mood.png
  1. Jangan melewatkan makan

Melewatkan makan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan penurunan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan perasaan mudah marah, gugup dan kelelahan. Cobalah untuk makan tiga kali sehari dan dua kali camilan setiap harinya.

  1. Makan sedikit protein setiap kali makan

Protein menstabilkan gula darah, mengurangi nafsu makan dan mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi. Kadar gula darah yang stabil melindungi Anda dari perubahan suasana hati dan kelelahan.

  1. Makan berbagai sayuran berserat tinggi

Sayuran seperti brokoli, kale, dan seledri membantu menstabilkan gula darah, melindungi Anda dari perubahan suasana hati.

  1. Makan berbagai buah-buahan berserat tinggi

Selain serat yang ditemukan dalam buah-buahan, seperti apel dan pir, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mencapai kesehatan optimal dan meningkatkan tingkat energi Anda.

  1. Makanlah makanan yang kaya asam lemak esensial

Beberapa sumber yang sangat baik dari asam lemak termasuk salmon, biji rami, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. EFA seperti omega-3 dan omega-6, membantu dalam transmisi impuls saraf dan diperlukan untuk fungsi normal dari otak. Kekurangan asam lemak esensial dapat menyebabkan depresi.

  1. Minum lebih banyak air

Tubuh manusia terdiri dari sekitar dua-pertiga air. Air sangat penting bagi tubuh kita untuk melaksanakan setiap fungsinya. Gejala awal dehidrasi termasuk sakit kepala, kelelahan, perubahan mood dan kesulitan berkonsentrasi. Cobalah untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Untuk melakukannya, atur alarm di ponsel Anda dan selalu membawa air.

  1. Mengurangi kafein

Banyak orang memuaskan kehausan mereka dengan kopi dan minuman ringan yang mengandung banyak kafein. Efek kafein dapat memicu ketidaksabaran dan mudah tersinggung. Kurangi konsumsi kafein atau minum dari cangkir kecil saja.

  1. Kurangi asupan gula

Makan makanan yang mengandung gula (seperti sukrosa dan sirup jagung fruktosa tinggi) mendestabilkan kadar gula darah, meningkatkan risiko diabetes dan memberikan kontribusi terhadap fluktuasi suasana hati. Alternatif lain yang sehat antara lain madu, sirup maple, dan stevia.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *