Jenis Sambal dan Penggunaannya

Tips 0 Comments
chili-pepper-sauce-recipe
sumber : http://blog.rateyourburn.com/blog/Uploads/chili-pepper-sauce-recipe.jpg

Setiap jenis sambal memiliki cara yang berbeda dalam penyimpanannya, oleh karena itu perlu diketahui jenis-jenis sambal tersebut, dilansir dari situs dapur umami, berikut jenis-jenis sambal :

  1. Sambal mentah merupakan sambal yang berbahan dasar bahan-bahan segar seperti tomat, cabai, bawang, serta bumbu-bumbu yang diiris-iris atau hanya dihaluskan tanpa proses pemasakan lalu dicampur sedikit minyak, garam dan gula, misalnya sambal tomat, dabu-dabu, dll. Sambal ini tidak bisa disimpan lama dan biasanya langsung dimakan.
  2. Sambal setengah matang (sambal minyak) bisa berupa irisan cabai dan bahan lainnya yang disiram dengan minyak panas, misalnya sambal matah, sambal udang, dll. Sambal ini lebih awet dibanding dengan sambal mentah, jika disimpan dalam wadah tertutup dapat bertahan hingga dua hari di suhu ruang dan 2-3 minggu dalam lemari es.
  3. Sambal matang merupakan jenis sambal yang bahan-bahannya dimasak hingga matang misalnya sambal bajak, sambal terasi, dll. Sambal ini jika disimpan dalam wadah tertutup dapat bertahan 3-5 hari dalam suhu ruangan dan bertahan 3 bulan dalam lemari es.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *