Cara Mengolah Terasi

Tips 0 Comments
thai_shrimp_paste
sumber : http://www.thaifoodz.com/wp-content/uploads/2016/01/thai_shrimp_paste.jpg

Terasi memang dapat membuat masakan menjadi lebih nikmat. Sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda memahami cara mengolah dan menyimpan terasi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketajaman bau, dan membuat terasi lebih awet dan mudah digunakan kapanpun. Berikut caranya :

  1. Dikukus. Kukus terasi dengan alat kukus yang Anda gunakan hingga matang dan empuk. Terasi akan menjadi lebih lunak dan lembab, kemudian angin-anginkan hingga dingin, lalu simpan ke dalam wadah tertutup.
  2. Digoreng. Potong terasi tipis-tipis, lalu goreng dalam minyak panas yang cukup hingga matang. Setelah itu, tiriskan dan biarkan hingga dingin kemudian simpan di wadah kering, atau langsung gunakan pada masakan Anda.
  3. Dibakar. Potong terasi tipis-tipis, lalu tusuk pada tusuk sate, dan bakar pada kompor sembari diputar-putar setiap beberapa saat agar terasi tidak gosong. Setelah matang, biarkan terasi hingga dingin, kemudian Anda bisa menyimpannya ke dalam wadah kering dan tertutup.
  4. Dipanggang. Hancurkan terasi hingga lunak, kemudian panggang dalam microwave hingga kering. Angin-anginkan dan  simpan ke dalam wadah tertutup, dan bisa langsung digunakan pada masakan.
  5. Direbus. Hancurkan atau potong terasi hingga menjadi serpihan kecil, larutkan dalam semangkuk air hingga larut sempurna, lalu rebus larutan terasi kering. Tambahkan sedikit minyak dan terasi siap untuk digunakan atau disimpan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *