4 Alasan Untuk Mengonsumsi Makanan Kaya Prebiotik

Health News 0 Comments
prebiotics1
sumber : http://www.criticalbench.com/images/prebiotics1.jpg

Prebiotik adalah serat pangan yang berfungsi secara selektif menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar, dimana banyak sekali manfaat prebiotik ini , khususnya meningkatkan kesehatan saluran cerna dan menjaga daya tahan tubuh. Prebiotik secara alami dapat ditemukan dari biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, seperti pisang, tahu, tempe, dll. Berikut 4 alasan Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan prebiotik ini :

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur dan Kesehatan Psikologis

Penelitian menunjukkan bahwa prebiotik dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesehatan otak / psikologis yang optimal. “Kami menemukan bahwa diet prebiotik dapat memperbaiki tidur non-REM, serta tidur REM setelah peristiwa stres,” kata Robert Thompson, seorang peneliti pasca-doktoral di Departemen Integratif Fisiologi.

  1. Penurunan Risiko Terkena Kanker Kolorektal

Prebiotik dapat mencegah perkembangan kanker kolorektal pada manusia dengan memodifikasi komposisi atau aktivitas mikroflora usus, tercatat dalam review dari sembilan penelitian oleh Departemen Ilmu Pangan dan Gizi, Universitas Minnesota.

  1. Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Konsumsi harian kombinasi prebiotik secara signifikan meningkatkan penyerapan kalsium dan meningkatkan mineralisasi tulang untuk anak-anak selama masa pubertas.Hal yang sama juga ditemukan pada dewasa muda hingga usia 27 tahun.

  1. Meningkatkan Rasa Kenyang

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi prebiotik dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *