Cara Mengupas dan Membersihkan Udang

Tips 0 Comments

Banyak resep masakan yang menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Selain rasanya yang enak, udang juga mangandung  omega-3 dalam jumlah besar dan kadar merkuri yang rendah. Kulit udang juga dapat dibuat kaldu yang sedap lho. Nah, bagi Anda yang kesulitan bagaimana cara mengupas dan membersihkan udang, berikut kami berikan tipsnya, semoga bermanfaat ya 🙂

peel-devein-shrimp
sumber : http://assets.simplyrecipes.com/wp-content/uploads/2007/07/peel-devein-shrimp.jpg

 

  1. Lepaskan kepala udang jika masih melekat.
  2. Tekan bagian ekor udang dan sambil ditarik maka ekor akan terlepas dengan mudah. Beberapa orang suka membiarkan ekor udang di dalam masakan yang disajikan, jadi tergantung selera Anda hendak melepaskan ekornya atau tidak.
  3. Kemudian lepaskan juga kaki udang dan kulitnya yang masih menempel, mulai dari ujung kepala, kemudian tarik kulit dari tubuh udang.
  4. Simpan kulit udang dalam plastik. Anda bisa membuangnya jika tak perlu, atau bisa menyimpannya di freezer untuk kemudian dijadikan kaldu udang.
  5. Sekarang, dengan menggunakan pisau kecil, iris punggung udang untuk membuang urat nadinya. Setelah diiris, tarik nadi udang dengan jari Anda, dan buang nadinya.
  6. Cuci udang dengan bersih dan pastikan tak ada nadi yang masih lengket pada udang maupun tangan Anda
  7. Jaga udang agar tetap dingin dengan memasukkannya ke dalam kulkas, atau Anda bisa merendamnya dengan air es supaya menjaga udang tetap awet.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *