9Hal yang Menandakan Anda Mempunyai Alergi atau Sensitivitas

Health News 0 Comments
Word cloud concept illustration of  allergies symptoms
sumber : http://healthystuffu.com/wp-content/uploads/2012/01/Food-Allergy-word-cloud-800×521.jpg

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu, yang memicu reaksi berlebihan pada tubuh. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen. Dimana hal tersebut bisa menjadi berbahaya bagi si penderita alergi, tetapi tidak berpengaruh apa-apa bagi orang lain. Berikut adalah beberapa gejala umum yang menandakan Anda mempunyai alergi atau sensitivitas terhadap sesuatu :

  1. Berat badan

Alergi dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, atau ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan meskipun perubahan diet dan gaya hidup. Penelitian juga telah mengaitkan penggunaan antihistamin dengan peningkatan berat badan.

  1. Nyeri otot

Sakit otot telah dikaitkan dengan beberapa manifestasi alergi klasik, seperti asma dan eksim, dan telah dikaitkan dengan intoleransi makanan tertentu dan reaksi terhadap logam tertentu, seperti nikel.

  1. Nyeri sendi

Alergi ini biasanya sering dipicu oleh masalah makanan.

  1. Kelelahan

Merasa lelah juga bisa dikaitkan dengan alergi makanan, intoleransi terhadap gandum, jagung, susu atau cokelat kemungkinan penyebabnya.

  1. Kembung atau sakit perut

Intoleransi makanan dapat menyebabkan kram, kembung, dan nyeri. Sebuah makanan pemicu juga dapat menyebabkan mulas.

  1. Sakit kepala

Penelitian telah menghubungkan sakit kepala, baik migrain dan nonmigrain, berhubungan dengan alergi. Di antaranya pemicu paling umum adalah makanan seperti coklat, kacang, kedelai, jeruk, kopi, dan alkohol.

  1. Insomnia

Intoleransi susu mungkin menjadi alasan Anda mengalami kesulitan tertidur.

  1. Rambut rontok

Alopecia areata adalah suatu kondisi autoimun di mana rambut rontok pada kulit kepala melampaui kebotakan pola normal. Hal ini lebih umum terjadi di antara orang-orang yang telah didiagnosis dengan alergi, seperti gluten. Menghindari makanan tersebut dapat membantu mengembalikan rambut rontok.

  1. Depresi atau gangguan mood

Sebuah penelitian di Jerman baru-baru ini menemukan bahwa orang dengan alergi didiagnosis memiliki tingkat lebih tinggi dari gejala depresi.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *