9 Alasan untuk Menyukai Vitamin D

Health News 0 Comments
should-I-still-take-vit-D-in-the-summer
sumber : http://vidachiropractic.ca/wp-content/uploads/2016/03/should-I-still-take-vit-D-in-the-summer.jpg

Sebagian besar dari kita tahu bahwa vitamin D penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita kuat, tetapi hanya sedikit orang tahu bahwa ada banyak manfaat kesehatan lain untuk mendapatkan vitamin D yang cukup dan dapat membantu kesehatan Anda, antara lain :

  • Mencegah Flu Musiman: Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti mempelajari anak-anak sekolah untuk menentukan apakah vitamin D dapat mencegah flu. Setelah menilai 167 anak-anak yang berpartisipasi dalam penelitian ini, para ilmuwan menyimpulkan bahwa suplementasi vitamin D3 sungguh dapat mengurangi flu.
  • Melindungi DNA Anda: Vitamin D yang terlibat dengan setidaknya 2.000 gen dalam tubuh Anda, sehingga mendapatkan jumlah yang cukup membantu untuk memastikan bahwa gen-gen tersebut berfungsi dengan baik dan dilindungi dari kerusakan potensial.
  • Fungsi otot yang baik: Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara vitamin D dan fungsi otot dan pemulihan dari kegiatan sehari-hari dan olahraga, khususnya. Rendahnya tingkat vitamin D telah dikaitkan dengan kelelahan otot.
  • Mengurangi Risiko Multiple Sclerosis: Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) menemukan hubungan antara kadar vitamin D dan risiko multiple sclerosis (MS).
  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung: Dalam sebuah penelitian dari 1.739 orang yang diterbitkan dalam jurnal kedokteran Circulation, para peneliti menemukan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.
  • Melindungi Fungsi Paru-paru: Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru di kalangan perokok, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine. Para peneliti mengeksplorasi hubungan antara vitamin D dan merokok. Mereka menemukan bahwa vitamin D memiliki efek perlindungan pada paru-paru dan tingkat fungsi paru-paru yang menurun.
  • Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2 pada anak-anak: Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Endocrinology Clinical and Metabolism menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dan obesitas, serta peningkatan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari.
  • Peningkatan Insulin Resistance: Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, para peneliti menemukan bahwa wanita yang menerima dosis harian 4000 IU vitamin D3 memiliki perbaikan dalam resistensi insulin setelah melengkapi dengan vitamin selama enam bulan. Resistensi insulin adalah suatu kondisi di mana sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap hormon insulin, yang disekresikan oleh pankreas dalam menanggapi gula dan pati dalam diet. Studi ini menunjukkan baik sensitivitas insulin ditingkatkan atau sekresi insulin (BJN).
  • Menurunkan Tekanan Darah: Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan London dari European Society of Hypertension menemukan bahwa suplementasi dengan vitamin D dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan bahwa kekurangan vitamin D pada wanita premenopause meningkatkan risiko mengalami tekanan darah tinggi bahkan bertahun-tahun kemudian (AHA).

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *