Cara Membersihkan Noda Buah pada Pakaian

Tips 0 Comments
landscape-1427093485-sb10068135f-001
sumber : http://ghk.h-cdn.co/assets/15/13/980×490/landscape-1427093485-sb10068135f-001.jpg

Bingung dengan noda buah yang seringkali menempel pada pakaian Anda? Yuk coba ikuti tips berikut, sehingga Anda tak perlu pusing lagi saat membersihkannya. Caranya adalah :

  • Membuang sisa-sisa buah.

Gunakan pisau tumpul atau sendok untuk mengikis sisa-sisa buah pada kain. Hati-hati, menggosok terlalu keras dapat merusak pakaian. Tujuan Anda adalah untuk menyingkirkan setiap noda yang tidak diserap ke dalam kain. Noda buah yang mengering biasanya menyisakan potongan-potongan kecil.

  • Membuat dan mengoleskan pasta

Campurkan 3 sendok makan boraks atau baking soda dengan 1 sendok makan air bersama-sama untuk membuat pasta kental. Menggunakan sendok atau pisau tumpul, oleskan pasta di lapisan atas wilayah bernoda pada kain. Oleskan pasta sampai menutupi area bernoda.

  • Biarkan pasta mengering.

Biarkan pasta pada daerah bernoda selama minimal 15 menit. Pasta akan meresap ke dalam daerah bernoda dan menyerap banyak noda. Kemudian menggunakan air hangat, bilas pasta dari kain. Ini dapat membantu untuk membilas noda.

  • Gunakan deterjen cair.

Menggunakan deterjen cair Anda, gosok beberapa tetes langsung ke daerah bernoda. Diamkan selama beberapa menit sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Bilas dengan air panas.

Regangkan pakaian kemudian bilas dengan air panas. Air panas dapat membantu untuk mendorong noda keluar dari pakaian.

  • Gunakan cairan pemutih jika perlu.

Sebagai usaha terakhir, Anda dapat mencoba cairan pemutih ringan untuk menghilangkan noda. Ini adalah pilihan terakhir untuk pakaian yang memiliki jenis pola, warna, atau desain tertentu. Coba juga oleskan cuka atau jus lemon dengan spons lembut ke daerah bernoda. Setelah bersih, keringkan di bawah sinar matahari.

  • Cuci secara normal.

Ketika noda telah sepenuhnya dihapus, cuci pakaian seperti biasanya. Pastikan untuk memeriksa noda lagi sebelum pengeringan. Jadi jika Anda melihat sisa noda, ulangi langkah-langkah penghapusan noda di atas sampai benar-benar bersih.

Tips:

  • Borax dan baking soda akan baik bekerja secara efektif sebagai pasta. Pilih salah satu yang Anda miliki untuk menggunakan. Tidak perlu untuk mencampur bahan bersama-sama.
  • Deterjen cair bekerja lebih efektif daripada bubuk karena membasahi ke dalam noda dan serat-serat pakaian.
  • Hati-hati jika Anda memutuskan untuk menggunakan cairan pemutih ringan pada cucian Anda. Bahkan jus lemon juga dapat memudarkan warna dan pola pakaian.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *