Chicken Cajun Fettuccine Alfredo

Main, Nasi - Mie - Pasta, Recipes 0 Comments

PhotoGrid_1491541212383_1
Saus alfredo ini mirip dengan saus carbonara. Sausnya terbuat dari krim atau susu dan keju pastinya. Yang membedakan, bila carbonara biasa kita menambahkan telur sedangkan alfredo tidak. Banyak versi resep alfredo. Ada yang menggunakan tepung dan susu. Nah versi resep berikut ini super simple. Saya menggunakan kaldu dan krim yang sudah kental. Jadi saya tidak menambahkan tepung. Pasta nya pun dimasak dalam tempat yang sama. Semua bahan  dimasak dalam panci yang sama. Kita biasa menyebutnya one pot meal. Tidak perlu repot merebus pasta deh.

Bahan:

225 gram (1/2 pak) fettuccine, penne, spaghetti kering
150-200 gram daging dada atau paha atas ayam, potong kotak (tanpa kulit dan tulang)
200 gram (3 buah) sosis ( saya gunakan smoked sausages), iris serong
1/2 kaleng (425 gram) jamur kancing, belah dua
4 siung bawang putih, cacah halus
300 mL krim cair (whipping cream)
500 mL kaldu ayam dan extra bila sausnya terlalu kental
1 sdm bumbu cajun bubuk
50 gram keju parmesan
Daun seledri, cacah kasar
Garam dan black pepper secukupnya

Cara Membuat:
– Bumbuhi ayam dengan garam dan black pepper secukupnya.
– Panaskan 2-3 sdm minyak olive oil atau minyak goreng di atas teflon atau panci, masukkan ayam. Tumis hingga kecokelatan.
– Tambahkan sosis dan masak sebentar.
– Sisihkan dan masukkan bawang putih. Tumis hingga harum.
– Tambahkan bubuk cajun dan aduk rata.
– Tuang kaldu dan krim. Masukkan pasta kering dan jamur. Pastanya memang tidak dimasak dahulu ya. Memang dimasukkan dalam keadaan mentah.
– Didihkan dan masak dengan api kecil selama kurleb 10-15 menit hingga pasta matang. Tergantung jenis pasta yang kita gunakan. Bila saus sudah mengental dan pasta belum matang, bisa tambahkan kaldu.
– Terakhir tambahkan keju dan aduk rata. Bila terlalu kental, tambahkan kaldu sedikit demi sedikit hingga kekentalannya tepat.
– Sajikan dengan taburan daun seledri dan sedikit bubuk cajun.

Untuk 3 porsi

Catatan: Kita bisa membuat bumbu cajun bubuk sendiri dengan mencampur rata 2 sdm bubuk bawang putih, 1 sdm bubuk bawang bombay (onion), 1 sdm oregano kering, 1 sdm thyme kering, 1 sdm cabai cayenne bubuk, 1 sdm merica hitam bubuk, 1 1/2 sdm garam halus, 3 sdm bubuk paprika dan optional 1 sdt crushed chili kering atau chili flakes. Simpan dalam toples kaca kecil. Bisa bertahan sampai tahunan dalam lemari es.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *