7 Makanan Terbaik untuk Atasi Nyeri Otot

Health News 0 Comments
How to Relieve Sore Muscles and Muscle Pain After Exercise
sumber : https://www.healthxchange.sg/sites/hexassets/Assets/fitness-exercise/how-to-relieve-sore-muscles-and-muscle-pain-after-exercise.jpg

Nyeri otot memang menyebalkan. Orang-orang sering berhenti latihan akibat nyeri otot. Ada beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi peradangan akibat nyeri otot. Berikut adalah makanan yang menenangkan nyeri otot dan mempercepat pemulihan. Konsumsi makanan ini segera setelah latihan.

  1. Blueberry

Blueberry telah ditemukan dapat mengurangi nyeri otot. Menurut penelitian, buah ini mengandung antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas yang dihasilkan pada otot ketika kita berolahraga. Blackberry, raspberry, dan stroberi juga mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang menenangkan sakit otot.

2. Telur

Telur mengurangi nyeri otot dan meningkatkan sintesis protein karena mengandung semua asam amino esensial. Telur juga memiliki sifat antioksidan yang melawan peradangan.

  1. Air

Tetap terhidrasi akan membantu Anda pulih lebih cepat. Satu penelitian menemukan bahwa peserta yang mengalami dehidrasi selama dan setelah berlari, berpeluang mengalami lebih nyeri otot dan nyeri setelah latihan, dibandingkan dengan mereka yang terhidrasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan kram otot. Ingatlah untuk minum air selama dan setelah latihan. Dan minum 2-3 liter air sehari.

  1. Sayuran

Sayuran memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat. Sayuran bahkan mengatur kadar estrogen dan melawan radikal bebas.

  1. Salmon

Salmon mengandung protein dan lemak sehat yang mempercepat pemulihan sakit otot. Salmon juga tinggi omega 3 yang melawan peradangan dan peningkatan aliran darah ke otot-otot. Jangan makan salmon saja tetapi gabungkan dengan sayuran dan buah untuk pemulihan lebih cepat setelah latihan yang intens.

  1. Jahe

Jahe dapat menenangkan nyeri otot karena memiliki antioksidan yang kuat dan sifat anti-inflamasi. Dalam penelitian, peneliti menemukan bahwa pesenam yang mengonsumsi jahe mentah atau dimasak mengalami sedikit rasa sakit setelah latihan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengambil jahe.

  1. Buah-buahan dengan indeks glikemik tinggi

Makan buah-buahan tinggi GI dan akan membantu mengisi energi yang hilang. Hal ini juga akan meningkatkan produksi insulin, dan seperti yang Anda ketahui, hormon ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan otot. Makan buah-buahan dan sayuran tinggi GI seperti semangka, nanas, kentang, dan ubi jalar.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *