7 Tips untuk Membersihkan Udara di Ruangan

Tips 0 Comments
How-to-have-clean-air-at-home
sumber : http://wilkinscontractinginc.com/wp-content/uploads/2015/11/How-to-have-clean-air-at-home.jpeg

Rumah seharusnya selalu menjadi tempat yang aman dari segala penyakit. Tetapi seringkali  udara di rumah menjadi tercemar karena bau furniture, cat, bahan bangunan, bahan kimia dari produk pembersih rumah tangga dan wewangian, debu, bakteri dan jamur. Ini semua adalah penyebab umum dari kualitas udara yang buruk.

Ketika Anda menghabiskan sebagian besar waktu kita di dalam ruangan, ini adalah masalah besar. Dan sangat melemahkan bagi mereka yang menderita alergi atau asma. Berikut adalah beberapa solusi sederhana untuk meningkatkan kualitas udara rumah Anda dengan cepat, mudah dan terjangkau.

  1. Biarkan udara keluar

Membuka seluruh jendela untuk membiarkan udara di dalam ruangan keluar dan berganti dengan udara baru. Ini merupakan salah satu cara yang paing sederhana.

  1. Kurangi Pembersih Rumah Tangga berbahan Kimia

Bahan-bahan seperti baking soda, cuka putih, jus lemon, minyak zaitun, air panas, dan garam kasar, dapat digunakan sebagai pembersih alami sehingga mengunragi efek berbau bahan kimia. Juga melakukan penelitian sebelum Anda membeli. Carilah produk yang memanfaatkan bahan-bahan nabati untuk membersihkan, tanpa pewarna buatan dan / atau wewangian untuk kualitas udara yang lebuh baik di rumah Anda.

  1. Memanfaatkan Tanaman Hias

Percaya atau tidak, ada beberapa tanaman yang bertindak sebagai filter udara dengan menyedot bahan kimia berbahaya dan memompa keluar oksigen segar. Tidak sembarang tanaman akan melakukan hal itu. Sebuah penelitian yang dilakukan sebagian oleh NASA menemukan bahwa beberapa tanaman sangat terampil memakan beberapa bahan kimia lebih berbahaya. Berikut adalah beberapa tanaman atas yang terbukti paling efektif menghilangkan bahan kimia berbahaya:

  • Bamboo Palm – Dypsis lutescens
    • English Ivy –  Hedera helix
    • Gerbera Daisy – Gerbera jamesonii
    • Janet Craig Dracaena – Dracaena deremensis ‘Janet Craig’
    • Red Edged Dracaena – Dracaena marginata
    • Mass cane/Corn Plant – Dracaena massangeana
    • Warneckii Dracaena – Dracaena deremensis ‘Warneckii’
    • Mother-in-Law’s Tongue – Sansevieria laurenti
    • Pot Mum – Chrysantheium morifolium
    • Peace Lily – Spathiphyllum species
  1. Bebas Wewangian

Untuk melindungi kualitas udara di rumah Anda, carilah produk pembersih rumah tangga, deterjen dan semprotan aerosol yang bebas pewangi atau wangi dengan bahan-bahan alami 100 persen. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial, lemon, atau baking soda untuk menyegarkan rumah Anda.

  1. Membeli Furniture yang Aman

Furnitur seperti kayu lapis dan papan partikel yang menyatu dengan lem beracun yang dapat mengandung formalin dan bahan kimia berbahaya. Bahan kimia ini dapat menggangu penderita alergi dan asma. Jika Anda bisa, hindari membeli furnitur yang terbuat dari kayu yang telah diperlakukan dengan formaldehida dan mencari furnitur yang dirakit dengan lem non-beracun.

  1. Teliti Membeli Cat

Apakah Anda akrab dengan itu bau yang mengisi ruang setelah Anda mengecat dinding? Carilah cat yang lebih aman yang diberi label “Nol VOC atau‘Low-VOC.’ Pilihan yang paling ideal adalah‘Nol VOC, tidak ada racun dan tidak ada pelarut, yang menyatakan bahwa tabung warna dinding tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam cat tradisional.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *