10 Manfaat Serai

Health News 0 Comments
Lemongrass
sumber : http://static1.squarespace.com/static/5465647de4b0f51dfbd9cc36/5468053be4b029cf0cfe4264/56fea0a12b8dde10e089533e/1459530588478/Lemongrass.jpeg?format=1000w

Serai atau yang biasa disebut dengan sereh merupakan salah satu bumbu dapur. Seperti kita ketahui, bumbu dapur biasanya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Jadi, jangan lupa selalu gunakan serai dalam tiap masakan kalian. Berikut adalah manfaat serai, yaitu :

  1. Membantu Pencernaan

Serai meningkatkan pencernaan yang sehat. Serai memiliki senyawa antiseptik yang efektif membunuh bakteri jahat dan parasit dalam saluran pencernaan dan terisi kembali dengan bakteri baik dalam usus besar.

Hal ini membantu mengobati masalah kesehatan pencernaan seperti gangguan pencernaan, sembelit, mulas, diare, kembung, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram. Plus, serai memiliki sifat antimikroba yang membantu meringankan gastroenteritis.

Untuk saluran pencernaan yang sehat, minum teh serai secara teratur.

  1. Mengontrol Tingkat Kolesterol

Aksi anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis pada serai membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus. Plus, membantu dalam oksidasi LDL-kolesterol dalam darah, yang pada gilirannya membantu mencegah aterosklerosis penumpukan plak.

Kandungan kalium yang tinggi dalam serai juga membantu menurunkan dan mengatur tekanan darah.

Cukup minum secangkir teh serai sehari-hari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah. Anda juga dapat mengambil ramuan ini dalam bentuk suplemen setelah konsultasi dokter Anda.

  1. Membersihkan dan mendetoksifikasi

Konsumsi rutin teh serai membantu membersihkan dan detoksifikasi tubuh. Sifat diuretik dari serai membantu mengeluarkan racun, asam urat dan kolesterol jahat dari tubuh dengan meningkatkan frekuensi dan kuantitas buang air kecil. Buang air kecil juga membantu membersihkan ginjal.

  1. Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai memiliki antibakteri dan antijamur yang membantu tubuh Anda mengatasi batuk, demam dan gejala flu lainnya. Plus, itu adalah sarat dengan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Anda bisa menggunakan minyak serai untuk menghilangkan rasa sakit pada otot dan sendi, serta sakit kepala akibat pilek atau flu.

  1. Melawan Kanker Kanker

Penelitian di Universitas Ben Gurion di Israel telah menunjukkan bahwa teh serai dapat membantu melawan kanker. Sebuah komponen yang disebut citral ditemukan di serai menyebabkan apoptosis pada sel kanker tanpa merusak sel sehat. Sederhananya, hal itu menyebabkan sel kanker untuk bunuh diri.

Bahkan, untuk membantu proses penyembuhan, pasien kanker di Israel didorong untuk mengonsumsi teh serai segar saat menjalani radiasi atau perawatan kemoterapi.

Plus, ada beberapa sifat antioksidan di serai yang membantu menurunkan risiko kanker dengan memerangi radikal bebas.

  1. Mengurangi Nyeri Arthritis

Karena anti-inflamasi dan sifat penghilang rasa sakit, serai membantu mengobati radang sendi, rematik, osteoarthritis, encok dan jenis lain dari nyeri sendi.

Plus, serai membantu untuk meringankan kejang otot atau terkilir dengan relaksasi otot-otot, yang pada gilirannya mengurangi gejala yang berhubungan dengan nyeri.

Anda dapat mencampur minyak serai dengan minyak kelapa dalam rasio 1: 2 dan gosokkan daerah yang terkena. Biarkan selama beberapa jam sebelum membilasnya. Lakukan setiap hari ini selama beberapa minggu. Anda juga bisa minum teh serai dua kali sehari untuk hasil terbaik.

  1. Bermanfaat Bagi Ibu yang baru Melahirkan

Serai sangat bermanfaat bagi ibu baru yang sedang menyusui bayi mereka. Ia memiliki sifat galactogogue yang membantu meningkatkan produksi ASI. Sifat antimikroba dan antibakteri juga membantu bayi tetap sehat dan bebas dari infeksi.

Ibu menyusui bisa minum 1-2 cangkir teh serai sehari-hari.

  1. Mengurangi Depresi

Sifat-sifat antidepresan serai membantu mengobati depresi. Rempah ini juga mengaktifkan pelepasan serotonin, zat kimia dalam otak yang memerangi depresi. Serai mengurangi kecemasan, memberikan kepercayaan diri dan meningkatkan kekuatan mental.

Minum secangkir teh serai, setiap kali Anda merasa tertekan atau memiliki suasana hati yang tak bagus. Teh ini akan membantu Anda tetap tenang dan sejuk.

  1. Mengurangi Bau Badan

Minyak serai dalam bentuk diencerkan bekerja sebagai deodoran yang efektif. Bahkan, para ahli kecantikan menemukan minyak serai lebih efektif daripada banyak deodoran sintetis yang tersedia di pasar.

Serai sifat antimikroba dan antibakteri yang membantu mengontrol keringat berlebihan dan menghancurkan atau menghambat mikroorganisme yang menyebabkan bau badan. Selain itu, serai tidak akan menyebabkan iritasi kulit atau memperburuk alergi kulit.

  1. Menjaga Kulit Sehat

Serai juga bermanfaat untuk kulit Anda. Hal ini dapat membantu meringankan berbagai masalah kulit, dari pori-pori besar untuk infeksi jamur.

Karena sifat antibakteri, antiseptik dan antijamur, serai membantu pertumbuhan bakteri atau mikroba pada kulit. Hal ini membantu menjaga kulit Anda bebas dari infeksi serta masalah yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Serai membantu memperkecil pori-pori dan membatasi sekresi minyak.

Encerkan minyak serai dengan air atau minyak seperti minyak zaitun, sebelum digunakan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *