Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Tips 0 Comments
sumber : https://vivrehealthy.fr/wp-content/uploads/2017/02/solutions-mauvaise-haleine.jpg

Saat berpuasa rentan sekali mengalami bau mulut. Hal ini terkadang dapat mengganggu akivitas kita. Nah, gimana ya caranya supaya mengurangi atau menghilangkan bau mulut selama bulan puasa ini, yuk intip tipsnya sahabat CookingwithSheila 🙂 

  1. Banyak minum air
    Dengan mengonsumsi air putih akan membantu dalam menghilangkan bau mulut yang dirasakan selama berpuasa. Hal ini karena akan meningkatkan produksi air liur. Sehingga dapat berdampak baik berupa air putih akan menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda.Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktunya imsak, manfaatkan waktu untuk minum air putih. Minum lah sedikitnya, 2-3 gelas air putih.Minum air putih menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut.
  2. Sikat gigi secara rutin
    Baik saat bulan puasa maupun tidak, sikat gigi setelah makan harus dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat bulan puasa, jangan lupa menyikat gigi setelah makan sahur untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut.
  3. Gunakan obat kumur antibakteri
    Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.
  4. Bersihkan lidah
    Tak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian yang harus dibersihkan. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa makanan. Tak tertutup kemungkinan bakteri penyebab bau mulut terdapat di lidah.
  5. Berolah raga ringan

Cara menghilangkan bau mulut di bulan puasa adalah dengan menjalani olah raga ringan menjelang berbuka. Dengan demikian akan menetralkan bau mulut terlebih pada saat siang hari. Disarankan untuk tidak terlalu banyak menjalani tidur siang karena akan menyebabkan bau mulut. Hal ini karena mulut akan memproduksi adanya gas beracun yang ada didalam mulut.

  1. Hindari makanan berbau tajam atau yang lengket

Makanan dengan bau yang tajam akan dengan mudah untuk menyebabkan terjadinya bau mulut. Dengan demikian hendaknya mulailah dengan menghindarinya baik saat sahur atau pun berbuka. Beberapa contoh makanan berbau tajam antara lain yaitu durian, jengkol, pete. Beberapa jenis makanan lengket antara lain yaitu coklat, permen, coklat biskuit dan kue basah. Apabila tidak segera dan dibersihkan dengan benar hanya akan menyebabkan bau mulut.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *