Tips Mengajarkan Berpuasa Pada Anak

Tips 0 Comments
sumber : https://cdn.gymaholic.co/articles/nutrition/14-intermittent-fasting/empty-plate-intermittent-fasting.jpg
  1. Puasa bertahap. Untuk anak-anak yang baru menjalani puasa untuk pertama kalinya, Anda bisa mengajarinya untuk berpuasa hingga pukul 10.00 atau 12.00. Biasanya secara perlahan, anak akan bisa berpuasa hingga waktu yang lebih lama.
  2. Bangunkan anak dengan pelan dan ajak sahur bersama –sama. Hal ini bertujuan agar anak tahu dan membiasakan diri untuk sahur ketika waktunya.
  3. Berikan motivasi dan semangat pada anak untuk melanjutkan puasanya.
  4. Berikan pujian atau hadiah jika anak Anda sudah berhasil menjalankan puasanya. Hal ini sebagai bentuk apresiasi terhadap anak karena sudah berusaha.
  5. Saat berbuka puasa atau sahur, buatlah makanan yang bergizi untuk melengkapi kebutuhan tubuh anak. Pilihlah menu-menu yang menjadi favorit anak anda, atau tanyakan menu apa yang diinginkan anak anda.
  6. Jangan langsung memarahi anak jika ia belum berhasil menjalankan puasanya. Hal ini akan membuat anak enggan untuk mencoba lagi. Berikan pengertian dan terus motivasi anak anda.
  7. Hindari makanan yang dapat menggoda anak-anak sperti cokelat atau es krim, tetapi arahkan anak pada aktivitas positif seperti membaca buku, menonton film kesukaan anak, dll.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *